RENTETAN GEMPA GUNCANG SUMATERA

Share
By September, 13 2007
RENTETAN GEMPA GUNCANG SUMATERA

Serangkaian gempa mengguncang Provinsi Bengkulu, Jambi dan Sumatera Barat sejak Rabu (12/09/07) hingga Kamis, 13 September 2007.
BMG mencatat gempa pertama pada pukul 18.10 WIB dengan kekuatan 7,9 SR pada kedalaman 10 km yang berpusat di 159 km Barat Daya Bengkulu. Hingga pukul 10.00 WIB telah terjadi 30 kali gempa susulan yang terjadi di 3 wilayah yaitu Provinsi Bengkulu, Jambi dan Sumbar dengan kekuatan antara 4,8 sampai 7,7 SR.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Jambi dan Sumbar, gempa ini telah mengakibatkan 9 orang meninggal dunia, yaitu 3 orang di Kab. Bengkulu Utara, 5 orang di Kota Bengkulu dan 1 orang di Padang.

Beberapa rumah sakit mengalami kerusakan yaitu RSUD Mayjen H. A. Thalib di Jambi dan RSU M. Jamil di Padang. Selain itu 5 Puskesmas, 12 Pustu, 7 rumah dokter, 7 rumah dokter gigi dan 12 rumah paramedis juga mengalami kerusakan.

Korban yang menderita luka berat sebanyak 25 orang dan 24 orang luka ringan. Korban luka-luka saat ini dirawat di 3 rumah sakit, yaitu RSUD M. Yunus , RS Arga Makmur dan RS Caritas. Di RSUD M. Jamil dirawat 1 korban yang menderita patah tulang. Sedangkan jumlah pengungsi sampai saat ini masih dalam pendataan.

Departemen Kesehatan telah mengirim tim untuk melakukan Penilaian Cepat Kesehatan dan koordinasi dengan jajaran kesehatan setempat. Tim ini juga membawa bantuan berupa 3 ton MP ASI, 1 ton makanan siap saji, 1 ton obat paket gempa, 50 pasang sarung tangan evakuasi, dan 100 kantong jenazah.

RSUPN Cipto Mangunkusumo mengirim tim medis yang terdiri dari 11 dokter PPDS dan 11 perawat mahir, sedangkan Ambulan Gawat Darurat 118 mengirim 4 dokter spesialis dan 11 perawat mahir dengan membawa 2 mobil klinik, 1 ambulan dan obat-obatan.

PPK Regional Sumatera Selatan juga telah mengirim tim medis sebanyak 30 orang ke Prov. Bengkulu dengan membawa 3 unit ambulan, 1 unit mobil Klino, 3 unit mobil operasional dan obat-obatan.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait