Simulasi/Gladi Penanggulangan Krisis Kesehatan Dalam Rangka Sail Sabang 2017

Share
By Staff PKK November, 28 2017 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Simulasi/Gladi Penanggulangan Krisis Kesehatan Dalam Rangka Sail Sabang 2017

Sail Sabang adalah rangkaian dari Sail Indonesia seri ke-9. Sabang sendiri menjadi lokasi dari titik nol kilometer di ujung barat NKRI. Tema Sail Sabang adalah “Sabang menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”.

Kegiatan Sail Indonesia merupakan suatu acara rutin yang setiap tahun dilaksanakan, selain sebagai suatu ajang bagi aktifitas bahari, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai media promosi bagi wisata di Indonesia. Untuk dapat menjamin kesuksesan acara ini dibutuhkan kesiapan sektor kesehatan, khususnya untuk mengantisipasi kejadian yang dapat menimbulkan krisis kesehatan.

Untuk mendukung kesuksesan Sail Sabang, dukungan bidang kesehatan yaitu penyiapan sarana dan prasarana kesehatan seperti Posko Kesehatan, ambulans siaga, obat dan bahan habis pakai, surveilans pencegahan wabah penyakit dan sanitasi lingkungan. Penyelenggaraan kegiatan pelayanan kesehatan meliputi pelayanan VVIP, VIP dan juga untuk masyarakat umum yang terlibat pada acara puncak Sail Sabang.

Pada hari Kamis, 23 November 2017, Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan menyelenggarakan Gladi Penanggulangan Krisis Kesehatan dalam rangka Sail Sabang 2017. Simulasi dibutuhkan untuk menguji upaya kesiapsiagaan bidang kesehatan dalam menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk situasi krisis kesehatan.

Skenario disusun berdasarkan analisis potensi yang dapat terjadi yaitu kecelakaan transportasi darat, kecelakaan laut, insiden terjun payung, dan serangan jantung peserta sail. Pelaku gladi berasal dari instansi bidang kesehatan yaitu UPTD PPKK Dinas Kesehatan Prov. Aceh, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Sabang, RSUD Kota Sabang, dan UPTD Puskesmas Cot Ba’u, Jaboi, Pria Laot, Sukajaya, Sukakarya, Iboih, KKP Kelas III Sabang, Rumkit AL J. Lilipory, PMI Kota Sabang. Sedangkan lintas sektor yang terlibat seperti Badan SAR Banda Aceh, TNI AU Lanud Maimun Saleh, Kodim 0112 Sabang, Polres Sabang, RAPI Kota Sabang, BPBD Kota Sabang, Satpol PP, dan Disparbud di wilayah Kota Sabang.

Sekretaris Jenderal Kemenkes dr. Untung Suseno Sutarjo, M. Kes dan jajarannya berkenan mengunjungi kegiatan gladi ini. Beliau mengapresiasi upaya kesiapsiagaan bidang kesehatan dalam Sail Sabang 2017.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait