Sosialisasi Pengurangan Risiko Krisis Kesehatan di Kota Makassar

Share
By Astika Fardani July, 16 2018 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Sosialisasi Pengurangan Risiko Krisis Kesehatan di Kota Makassar

Sebagai bentuk nyata upaya peningkatan kapasitas dan pemahaman masyarakat terkait kebencanaan/krisis kesehatan secara langsung, Pusat Krisis Kesehatan telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengurangan Risiko Krisis Kesehatan di beberapa daerah yang memiliki potensi rawan krisis kesehatan. Kegiatan ini merupakan pemberian bekal kepada masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana dan krisis kesehatan yang mengancam  lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. 

Salah satu daerah dimana tempat kegiatan Sosialisasi Pengurangan Risiko Krisis Kesehatan ini dilaksanakan adalah Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan yang diselenggarakan di Lapangan Blok 10 Perumnas Antang, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala Kota Makassar pada hari Kamis tanggal 12 Juli 2018 Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Komisi IX DPR RI Ibu Hj. Aliyah Mustika Ilham, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Makassar, perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan 300 orang dari berbagai elemen masyarakat. 

Kegiatan ini diisi dengan sambutan dan paparan mengenai Profil Krisis Kesehatan di Kota Makassar oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Makassar yang sekaligus membuka kegiatan ini, dilanjutkan arahan oleh Ibu Aliyah Mustika Ilham selaku mitra Kementerian Kesehatan mengenai peran DPR RI RI dalam mendukung program Upaya Pengurangan Risiko Bencana. Kemudian dilanjutkan paparan Sosialisasi Pengurangan Resiko Kesehatan oleh Bapak drg. M. Kamaruzzaman, Msc. selaku Kepala Bidang Evaluasi dan Informasi Pusat Krisis Kesehatan, yang dimoderatori oleh drg. A. Hadijah Pandita, M.Kes dari Pusat Krisis Kementerian Kesehatan.


Kegiatan Sosialisasi Pengurangan Risiko Krisis Kesehatan ini bertemakan bencana banjir. Perumnas Antang di Kelurahan Manggala merupakan salah satu daerah rawan banjir di Kota Makassar. Banjir bahkan bisa mengakibatkan warga yang bermukim di sana terisolir.  Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat di Kelurahan Manggala dapat mencegah dan mengurangi risiko dan dampak krisis kesehatan yang mungkin terjadi di daerah dimana mereka tinggal dan mengerti bagaimana upaya kesiapsiagaan banjir serta apa yang harus dilakukan hal tersebut terlanjur terjadi. Kemenkes dan DPR RI juga mengingatkan kepada warga pentingnya menjaga kesehatan untuk mencegah munculnya penyakit akibat banjir serta langkah-langkah antisipasinya agar bisa meminimalisir dampak kesehatan yang mengancam.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait