Strategi BNPB Dalam Menghadapi Bencana Kabut Asap

Share
By Staff PKK May, 06 2016 Intermezo
Strategi BNPB Dalam Menghadapi Bencana Kabut Asap

Pada tahun 2015, indonesia menghadapi bencana kabut asap yang cukup parah. Bencana asap tersebut terjadi karena kebakaran hutan dan lahan yang cukup besar. kepungan asap akibat kebakaran hutan masih menyelimuti Wilayah Sumatera dan Kalimantan. Presiden Indonesia Jokowidodo mengunjungi wilayah Sumatera Selatan untuk meninjau langsung operasi darurat Asap yang dilakukan oleh BNPB. Dalam penanganan darurat Asap, BNPB memiliki empat strategi operasi darurat Asap yang di lakukan secara serentak. Wilayah yang masih menjadi status siaga asap adalah, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, dan wilayah Kalimantan.

Strategi pertama BNPB dalam menangani asap di wilayah tersebut adalah dengan hujan buatan dan pemboman air yang dilakukan dari udara. BNPB menurunkan 3 pesawat Casa 212 untuk hujan buatan di wilayah Riau. Dengan jumlah awan untuk hujan buatan yang di sebar sekitar 115 ton. 40 ton di Sumatera Selatan dan 22 ton di Kalimantan Barat. 13 helikopter digunakan untuk pemboman air. Selain itu juga kementerian LHK akan mengirimkan 1 pesawat Air Traktor. Strategi kedua adalah pemadaman di darat oleh tim gabungan dari BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri, MPA dan masyarakat. Dalam strategi kedua setidaknya akan 1.500 personil yang akan membantu.

Untuk strategi ketiga adalah dengan menegakan hukum oleh aparat kepolisian, menegakan hukum untuk kasus kebakaran hutan di wilayah sumatera. Selain itu juga Kementerian LHK telah menyegel lahan-lahan yang terbakar. Penegakan hukum akan lebih ditingkatkan dengan mengerahkan personil Polri dan PPNS memburu pembakar. Strategi ke empat yang akan di lakukan BNPB adalah dengan memberikan pelayanan kesehatan dan sosialisasi kepada masyarakat. Ribuan masker telah dibagikan kepada masyarakat. Data sementara di Sumatera Selatan ada 22.555 jiwa menderita ISPA dan di Riau 1.002 jiwa. Sosialisasi terus dilakukan. Langkah ini dilakukan agar bisa menjaga kesehatan masyarakat yang terkena dampak kabut asap.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait