Supermoon Bisa Batal Terlihat, BMKG Prediksi Beberapa Wilayah Cenderung Berawan dan Hujan

Share
By Staff PKK November, 14 2016 Intermezo
Supermoon Bisa Batal Terlihat, BMKG Prediksi Beberapa Wilayah Cenderung Berawan dan Hujan

Fenomena supermoon menjadi salah satu  fenomena astronomi menarik yang sayang untuk dilewatkan, hari Senin tanggal 14 November 2016 merupakan saatnya bulan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi dalam rentang waktu 68 tahun terakhir. Indonesia adalah negara yang bisa menyaksikan fenomena ini dengan baik, tetapi ada kemungkinan fenomena ini tidak bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia.

BMKG memprediksi bahwa beberapa wilayah seperti Jabodetabek, Jawa, Sumatera Utara hingga Lampung diperkirakan tidak bisa melihat fenomena ini karena terhalang awan mendung bahkan cenderung akan diguyur hujan. Fenomena supermoon kali ini bulan akan terlihat lebih besar 7,2 persen ketimbang disaat biasa.

Wilayah yang sangat berpotensi besar untuk melihat fenomena ini adalah di Nusa Tenggara, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur dan Papua. Namun jangan khawatir apabila anda tidak bisa mengikuti fenomena Supermoon kali ini, yang berikutnya akan terjadi 1 bulan kemudian yakni 14 Desember 2016. Jadi sebenarnya fenomena supermoon ini adalah fenomena biasa, total di tahun 2016 saja terjadi 4 kali fenomena ini.

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2016/11/14/12544351/siap-siap.kecewa.supermoon.mungkin.batal.menyapa.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait