Ternyata Kalimantan Utara Pernah Terjadi Tsunami

Share
By Staff PKK May, 15 2016 Intermezo
Ternyata Kalimantan Utara Pernah Terjadi Tsunami

Kalimantan merupakan Daerah yang aman dari bencana gempa bumi dan tsunami. Hal tersebut karena Pulau Kalimantan tidak di lalui oleh Jalur Lempeng Tektonik sehingga sangat sedikit terjadinya gempa. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tahun 1980-2013 hanya terjadi 42 kali gempa di Pulau Kalimantan, bandingkan dengan Sumatra sebanyak 8.550 kali gempa. Namun walaupun termasuk daerah yang aman dari bencana gempa bumi ternyata kalimantan masuk kedalam pemetaan daerah rawan gempa bumi rendah. dan wilayah ini pun sering terjadi beberapa kali gempa bumi.

Pada tahun 2015 silam, terjadi peristiwa gempa bumi yang mengguncang Gunung Kinabalu di Sabah Malaysia. Kejadian tersebut merupakan sederet rangkaian pergerakan di Salah satu Puncank gunung tertinggi di Asia Tenggara. Pergerakan Gunung Kinabalu melalui beberapa kali aktivitas kegempaan, ternyata berdampak pada hidupnya salah satu patahan di pulau Kalimantan. Gempa yang terjadi di Kinabalu secara perlahan menghidupkan Sesar yang berada di depan pulau kalimantan. Selama ini lempengan tersebut mengalami tidur panajng, namun saat ini lempengan tersebut secara perlahan sudah mulai bangun.

Walaupun termasuk Daerah yang sangat aman dari gempa dan Tsunami, namun wilayah ini sempat terjadi beberapa gempa besar yang di ikuti juga dengan gelombang tsunami. dari catatan sejarah, gempa bumi terjadi sejak tahun 1921 dan menunjukkan bahwa di Kalimantan telah terjadi beberapa kali gempa yang merusak. Gempa bumi Sangkulirang 14 Mei 1921 memiliki intensitas hingga VIII MMI. Gempabumi kuat ini diikuti gelombang tsunami yang mengakibatkan kerusakan. di tahun 1923 dan 1925 juga pernah terjadi gempa bumi yang bersifat merusak. Gempa bumi pada tahun 1923 di Tarakan juga di ikuti oleh gelombang tsunami kecil di wilayah Sekuran

 

 

Sumber : http://humas.malinau.go.id/read/news/2016/300/siapa-sangka-ternyata-di-kalimantan-utara-pernah-terjadi-tsunami

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait