Tsunami di Provinsi Papua tanggal 11 Maret 2011

Share
By March, 15 2011
Tsunami di Provinsi Papua tanggal 11 Maret 2011

Pada tanggal 11 Maret 2011 pukul 21.30 WIT terjadi tsunami di pesisir pantai utara Pulau Papua Provinsi Papua, termasuk di antaranya Kab. Jayapura dan Kab. Supiori. Ketinggian gelombang mencapai 0,5 meter. Tsunami tersebut merupakan dampak pasca gempa bumi di Jepang berkekuatan 8,9 SR pada pukul 13.06 waktu setempat .

Pada tanggal 11 Maret 2011 pukul 21.30 WIT terjadi tsunami di pesisir pantai utara Pulau Papua Provinsi Papua, termasuk di antaranya Kab. Jayapura dan Kab. Supiori. Ketinggian gelombang mencapai 0,5 meter. Tsunami tersebut merupakan dampak pasca gempa bumi di Jepang berkekuatan 8,9 SR pada pukul 13.06 waktu setempat. Akibat kejadian tersebut terdapat sejumlah kerusakan di Kab. Jayapura yaitu 6 rumah penduduk di Pulau Enggos rusak berat/hanyut dan 1 buah jembatan penyeberangan di Pulau Tobati putus.

Bencana tersebut juga menimbulkan korban meninggal dunia sebanyak 2 orang, yaitu 1 orang dari Pantai Holtekam Kab. Jayapura dan 1 orang dari Kab. Supiori. Tidak ada korban luka-luka. Tidak ada fasilitas kesehatan yang rusak.

Jajaran kesehatan setempat telah melakukan evakuasi terhadap korban, melakukan koordinasi dengan Lintas program dan lintas sektor terkait serta Toma dan Toga setempat, serta melakukan pemantauan di lokasi bencana.

Hingga saat ini masih dilakuan monitoring lanjutan, terutama pada penduduk yang rumahnya mengalami kerusakan akibat gelombang tsunami.

Pemantauan terus dilakukan oleh Dinkes Kab. Jayapura, Dinkes Kab. Supiori, PPK Sub Regional Papua dan Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait