Waspada Musim Pancaroba

Share
By Staff PKK November, 21 2016 Intermezo
Waspada Musim Pancaroba

Indonesia adalah negara tropis dimana negara kita hanya memiliki 2 musim saja yakni musim kemarau dan musim hujan. Setiap tahun kedua musim ini terus bergantian dan dipengaruhi dari pergerakan semu matahari. Biasanya dalam masa pergantian musim terdapat waktu yang dinamakan musim pancaroba. Musim pancaroba sendiri adalah waktu peralihan dimana ditandai dengan tingginya frekuensi badai, lalu frekuensi hujan yang sangat tinggi disertai dengan petir juga angin yang biasanya juga akan berhembus kencang. Di masa musim pancaroba ini dari segi kesehatan juga akan adanya udara lembab dimana organisme yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan akan muncul seperti bakteri, parasit dan juga virus.

Biasanya saat musim pancaroba terjadi, di Indonesia akan bermunculan penyakit khas pancaroba yakni ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) diare, flu batuk dan pilek dan lain lain. Penyakit penyakit ini rentan terjadi dan tidak memandang usia penderita, bisa mulai dari anak-anak hingga orang tua usia lanjut akan terpengaruh akan kondisi cuaca saat pancaroba.

Dalam kasus penyakit pada musim pancaroba telah diketahui bahwa setiap tahun mengalami peningkatan dan juga menimbulkan beberapa permasalahan di tanah air. Dari data Kementerian Kesehatan sendiri dalam 5 waktu terakhir belakangan, jumlah pasien yang dirawat di Rumah Sakit pada musim pancaroba mengalami peningkatan. Untuk itu diperlukan kewaspadaan bagi setiap masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan tubuh selama musim pancaroba. Tentu saja menjaga kesehatan tubuh menjadi suatu hal yang perlu dilakukan kapanpun.

http://www.balitbang.jatimprov.go.id/berita/detail/berita/443

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait