Workshop Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Tahun 2019

Share
By Julianto Prabowo July, 13 2019 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Workshop Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Tahun 2019

Salah satu upaya penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana adalah melakukan pemantauan dan pelaporan permasalahan kesehatan yang timbul akibat bencana. Informasi yang dilaporkan diantaranya adalah jenis bencana yang telah terjadi, jumlah korban, fasilitas kesehatan yang rusak serta upaya penanggulangan krisis kesehatan yang telah dilakukan.

 

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan SDM di daerah terkait dengan pelaporan dan pengelolaan sistem informasi dalam merespon kejadian bencana/krisis kesehatan maka Pusat Krisis Kesehatan pada tahun ini melaksanakan Workshop Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan di Hotel Aston Priority, Jakarta.

 

Pada kegiatan ini dihadiri oleh 40 peserta dari Dinas Kesehatan Kab/Kota rawan bencana. Narasumber yang hadir untuk mengisi workshop sistem informasi adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Pusat Krisis dan Media Cipta Informasi. Materi yang disampaikan diantaranya Kebijakan Penanggulangan Krisis Kesehatan, Peran Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan, Kebijakan Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan, Komunikasi Risiko untuk Penanggulangan Krisis Kesehatan, serta pemanfaatan aplikasi E-PKK dalam peningkatan kecepatan pelaporan kejadian krisis kesehatan di era 4.0 (big data).  

 

Pada kegiatan ini, peserta diberikan pemaparan oleh narasumber, dan dilakukan simulasi pelaporan Sistem Informasi berbasis web dan aplikasi android agar peserta memahami bagaimana alur pada Sistem Informasi Penanggulangan Krisis ini berjalan.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait