5 Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstrim

1,821

5 Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstrim

Dalam beberapa hari terakhir, beberapa daerah di indonesia mengalami hujan dengan intensitas tinggi hingga sedang. Hal ini akan terus berlanjut dan telah dikonfirmasi oleh BMKG dalam kanal media sosial miliknya, bahwasannya diketahui dalam kurun waktu 27 Desember 2022 – 02 januari 2023, terdapat beberapa wilayah yang mengalami cuaca ekstrim.

Melihat kondisi tersebut, penting bagi kita untuk bisa memperkuat kondisi imun dalam tubuh, agar dapat terhindar dari berbagai penyakit penyerta musim hujan seperti DBD, Flu, hingga Diare yang dapat mengganggu aktivitas harian.

Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstrim

Selain memberikan perlindungan terhadap tubuh, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam menghadapi kemungkinan banjir akibat cuaca ekstrim, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Makanan dan minuman

  2. Obat-obatan pribadi dan P3K

  3. Pakaian ganti dan perlengkapan mandi untuk menghindari penggunaan secara bersamaan saat berada di lokasi pengungsian

  4. Surat-surat penting

  5. Masker cadangan.

Dengan melakukan persiapan menghadapi banjir diatas, diharapkan masyarakat dapat segera meninggalkan tempat tinggal dan menuju tempat yang lebih aman apabila terjadi banjir, selain itu juga diharapkan dapat menurunkan potensi paparan penyakit selama berada di pengungsian akibat penggunaan barang secara bersama.

Tetap terapkan perilaku hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup, serta segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat yang tidak terdampak apabila mengalami gejala penyakit penyerta musim hujan yang telah disebutkan diatas, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.