Banjir Telah Surut, Lakukan 5 Langkah Berikut

Monday, 01 November 2021

87

Banjir Telah Surut, Lakukan 5 Langkah Berikut

Akibat adanya fenomena La nina yang memberi dampak perubahan iklim secara global, menyebabkan tinggi nya curah hujan di hampir sebagian besar wilayah Indonesia, sehingga beberapa daerah yang memiliki resapan air kurang baik, tidak mampu terhindar dari adanya kemungkinan banjir hingga banjir bandang. Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di berbagai daerah di Indonesia, melaporkan bahwa banjir telah menggenang di beberapa daerah seperti Kabupaten Gorontalo di Provinsi Gorontalo, dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Setelah beberapa waktu banjir menggenang daerah tersebut, kini tanggal 1 november 2021 banjir dilaporkan telah surut dan aktivitas warga dapat kembali berjalan. Sebelum kembali beraktivitas seperti sedia kala, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh masyarakat pasca bencana banjir, seperti :

  1. Waspada dengan instalasi listrik.
  2. Hindari air banjir karena kemungkinan kontaminasi zat-zat berbahaya dan ancaman kesetrum.
  3. Bersihkan tempat tinggal dan lingkungan rumah dari sisa-sisa kotoran setelah banjir.
  4. Perhatikan kesehatan dan keselamatan keluarga dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih jika Anda terkena air banjir.

Dengan memperhatikan dan melakukan beberapa hal diatas, diharapkan masyarakat mampu untuk bisa kembali beraktivitas secara normal tanpa adanya kemungkinan terpapar penyakit akibat air banjir, dan korban jiwa akibat sengatan listrik. Apabila terdapat anggota keluarga maupun tetangga sekitar yang sakit dan mengalami luka akibat banjir yang melanda, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Sumber :

1. https://www.bnpb.go.id/berita/-update-aktivitas-warga-kembali-normal-pascabanjir-dua-wilayah-kabupaten-gorontalo-dan-bogor

2. http://bpbd.grobogan.go.id/berita/Mitigasi-Bencana-Banjir