5 Tips Sebelum Menghadapi Banjir

209

5 Tips Sebelum Menghadapi Banjir

Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari ini telah menyebabkan banjir pada beberapa titik wilayah di Indonesia, seperti yang baru-baru ini terjadi di Kota Medan provinsi Sumatera Utara. Selain itu, banjir rob juga terjadi di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dimana kondisi ini membuat banyak masyarakat merayakan upacara kemerdekaan 17 Agustus 2022 di tengah banjir yang menggenangi wilayah mereka.

Meski banjir merupakan salah satu bencana yang cukup sering terjadi di Indonesia, namun kesiagaan dan persiapan dalam menghadapi banjir, sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat. Terutama yang tinggal berada di titik rawan banjir. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerugian secara materil, hingga jatuhnya korban jiwa akibat dari banjir itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tips sebelum menghadapi banjir yang harus diketahui oleh masyarakat, diantaranya adalah:

  1. Meletakkan surat-dan barang berharga di tempat yang tidak terjangkau oleh genangan banjir.

  2. Memastikan keamanan saluran listrik dengan mencabut barang elektronik dari stop kontak untuk menghindari konsleting.

  3. Mendengarkan serta tanggap informasi lingkungan sekitar dari petugas yang berwenang.

  4. Mempersiapkan tas bencana yang berisi barang-barang penting saat melakukan evakuasi.

  5. Mendahulukan penyelamatan anggota keluarga yang sakit dan manula.

Dengan menerapkan tips sebelum menghadapi banjir diatas, diharapkan dapat meminimalisir berbagai kemungkinan buruk yang akan terjadi saat banjir melanda di daerah sekitar kita.

Tetap waspada dan bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami cedera saat mengalami evakuasi, agar bisa segera mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan.