8 Kawasan yang diperbolehkan Mudik Lokal

Senin, 26 April 2021

57

8 Kawasan yang diperbolehkan Mudik Lokal

Menjelang mudik lebaran, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan tentang pengendalian transportasi umum sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 yang lebih luas. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021.

Pengendalian transportasi tersebut dilakukan melalui larangan penggunaan atau pengoperasian sarana transportasi penumpang untuk semua moda transportasi yaitu moda darat, laut, udara dan perkeretaapian. Adapun transportasi logistik dan barang akan berjalan seperti biasa.

Selain itu, Permenhub No. 13 tahun 2021 juga menentukan 8 kawasan (aglomerasi) yang diperbolehkan untuk melakukan perjalanan lokal saat masa peniadaan mudik. 8 kawasan tersebut ialah Pulau Sumatera (Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo) sebagai 1 aglomerasi. Sedangkan 7 kawasan lainnya ialah 6 aglomerasi di Pulau Jawa yang meliputi Jabodetabek, Bandung Raya, Yogyakarta Raya, Kedungsepur, Solo Raya, dan Gerbangkertosusila. Terakhir 1 aglomerasi di Pulau Sulawesi yaitu Mamminasata atau Makassar, Sungguminasa, Takalar, dan Maros.

Sementara itu, bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dinas, bekerja, atau dalam kondisi mendesak seperti melahirkan dan kondisi sakit dapat melakukan perjalanan seperti biasa.

Adanya peraturan ini diharapkan masyarakat dapat lebih bijak dan memilih untuk tidak mudik agar penyebaran Covid-19 dapat dicegah. Apabila melaksanakan mudik lokal, masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menghindari keramaian sebagai perlindungan diri dan keluarga dari Covid-19.

Referensi: https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/8-kawasan-yang-diperbolehkan-mudik-lokal