Beragam Tipe Banjir yang Harus Diketahui

41

Beragam Tipe Banjir yang Harus Diketahui

Banjir merupakan salah satu bencana yang sangat umum terjadi di indonesia, terutama di lokasi perkotaan atau daerah yang tidak memiliki saluran air yang memadai.  Selain intensitas hujan yang tinggi, banjir juga kerap terjadi akibat dari luapan lumpur yang keluar secara tiba-tiba dari dalam bumi dan menggenangi berbagai wilayah yang terdampak, sehingga banjir tersebut dinamakan sebagai banjir lumpur.

Banyaknya faktor yang dapat menyebabkan banjir, maka penting bagi kita untuk mengetahui berbagai jenis banjir untuk bisa mengetahui tindakan preventif dan penanganan seperti apa yang perlu untuk dilakukan. Berikut ini adalah 5 jenis banjir yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Banjir Air

Banjir air adalah jenis banjir yang sangat umum terjadi, biasanya banjir ini terjadi akibat meluapnya air sungai, danau atau selokan.

  1. Banjir Rob (Banjir Laut Air Pasang)

Banjir rob biasanya terjadi akibat air laut yang pasang. Biasanya banjir ini akan menerjang kawasan permukiman di wilayah pesisir pantai.

  1. Banjir Bandang

Banjir bandang merupakan banjir yang sangat berbahaya, sering kali menimbulkan korban jiwa saat banjir bandang. Banjir bandang ini mengangkut air dan juga lumpur. Banjir ini kategori banjir yang sangat berbahaya karena bisa mengangkut apa saja. Banjir ini cukup memberikan dampak kerusakan cukup parah. Banjir bandang biasanya terjadi akibat gundulnya hutan dan rentan terjadi di daerah pegunungan.

  1. Banjir Lumpur

Banjir lumpur memiliki kemiripan dengan banjir bandang, namun banjir lumpur ini keluar dari dalam bumi yang akan menggenangi daratan. Lumpur ini mengandung bahan gas yang sangat berbahaya.

  1. Banjir Cileunang

Banjir cileuncang hampir mirip dengan banjir air, namun banjir cileunang ini terjadi akibat derasnya hujan sehingga debit air pun menjadi banyak dan tidak terbendung.

Dengan mengetahui beberapa jenis banjir diatas, diharapkan tindakan preventif dapat segera dilakukan untuk meminimalisir berbagai dampak yang ditimbulkan akibat banjir diatas.