Memasuki Musim Penghujan, Mari Mengenal Demam Berdarah dan Gejalanya

Minggu, 31 Januari 2021

1

Memasuki Musim Penghujan, Mari Mengenal Demam Berdarah dan Gejalanya

Dalam rangka memasuki musim penghujan, beberapa hal perlu dipersiapkan oleh masyarakat Indonesia agar terhindar dari bencana banjir dan juga penyakit – penyakit yang dibawanya. Salah satu penyakit tersebut adalah Demam Berdarah Dengue.

Sebuah penyakit musiman yang sering dikenal oleh masyarakat dengan penyakit DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk berjenis Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus dan berisiko menyebabkan kematian pada seseorang apabila terlambat dalam mendapatkan penanganan.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Sehatnegeriku.kemkes.go.id, pada tahun 2020, kasus demam berdarah dengue telah memakan korban setidaknya 95.893 masyarakat dan kematian yang hingga mencapai 661 orang. Melihat hal tersebut, rasanya perlu bagi kita semua untuk dapat mengetahui demam berdarah, sehingga tidak terlambat dalam mendapatkan penanganan. Gejala yang ditimbulkan adalah sebagai berikut :

  1. Demam Tinggi
  2. Nyeri Kepala
  3. Lemah, Lesu, Nyeri Otot.
  4. bisa terjadi pendarahan pada hidung atau di bagian tubuh lain seperti gusi dan bawah kulit.
  5. Bisa muncul bintik merah pada kulit dan sulit menelan makanan/minuman/muntah – muntah.

Dengan mengetahui gejala diatas, diharapkan masyarakat mampu mendeteksi sedini mungkin gejala yang timbul pada diri sendiri, keluarga maupun warga sekitar agar bisa cepat mendapatkan penanganan dari tenaga medis, dan meminimalisir risiko kematian akibat penyakit demam berdarah dengue.

Sumber :

1.https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20201203/2335899/data-kasus-terbaru-dbd-indonesia/#:~:text=Saat%20ini%20Kasus%20DBD%20tersebar,Minggu%20Ke%2049%20sebanyak%20661.

2. https://dinkes.malangkota.go.id/wp-content/uploads/sites/104/2021/04/kecil-kecil-cabe-rawit-biar-kecil-bisa-bikin-sakit.pdf