Musim Hujan Telah Tiba, Masyarakat Diharapkan Siaga Banjir

Tuesday, 05 October 2021

25

Musim Hujan Telah Tiba, Masyarakat Diharapkan Siaga Banjir

Memasuki bulan oktober 2021, Indonesia diprediksi akan segera berhadapan dengan musim penghujan. Adanya hujan dengan intensitas tinggi yang ditambah dengan kondisi saluran air yang kurang baik, tak jarang membuat beberapa daerah di Indonesia akan mengalami bencana tahunan yaitu banjir. Banjir adalah keadaan dimana suatu daerah tergenang oleh air dalam jumlah yang besar. Kedatangan banjir dapat diprediksi dengan memperhatikan curah hujan dan aliran air. Namun kadang kala banjir dapat datang tiba-tiba akibat dari angin badai atau kebocoran tanggul yang biasa disebut banjir bandang.

Dalam menghadapi kondisi demikian, adanya edukasi terhadap masyarakat terkait apa yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi bencana banjir, merupakan hal yang dirasa cukup penting untuk dilakukan sosialisasi. Untuk itu, berikut ini merupakan 4 langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk bersiap menghadapi banjir :

  1. Pantau info melalui media yang terpercaya
  2. Masukkan barang-barang penting seperti dokumen, kartu penting, obat-obatan, alat komunikasi dan peralatan pribadi lan kedalam tas siaga.
  3. Amankan barang berharga dan elektronik di tempat yang lebih tinggi, matikan listrik agar tidak terjadi konslet.
  4. Ketika harus mengungsi, ikuti saran pemerintah setempat dan relawan.

Dengan memahami apa yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi banjir, diharapkan dapat meminimalisir adanya korban jiwa yang tersapu oleh banjir. Apabila terdapat anggota keluarga maupun tetangga sekitar yang sakit dan mengalami luka akibat banjir yang melanda, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Sumber :

1. https://pusdataru.jatengprov.go.id/ppid/dokumen/bencana/Apa-itu-banjir-dan-cara-menghadapi-bencana-banjir.pdf

2. https://corona.jatengprov.go.id/infografis-dan-hoax#gallery-5