Prakiraan Daerah Berpotensi Banjir Selama Bulan Maret, April dan Mei 2024

363

PRAKIRAAN DAERAH BERPOTENSI BANJIR SELAMA BULAN MARET, APRIL DAN MEI 2024

Tepat pada 11 Februari 2024, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan data prakiraan daerah potensi banjir untuk bulan Maret, April dan Mei 2024.

Pada data tersebut menunjukkan bahwa wilayah Indonesia didominasi dengan potensi banjir sedang hingga tinggi, khususnya pada bulan April wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya terpantau memiliki potensi banjir yang tinggi.

Adapun potensi banjir yang menengah dan rendah didominasi wilayah di Papua.

Sehingga data tersebut, diharapkan masyarakat tetap menerapkan sikap waspada terhadap potensi banjir yang diprediksi muncul mulai bulan Maret hingga Mei mendatang.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama musim hujan berlangsung, dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit selama musim hujan seperti flu, batuk dan juga demam, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.

Tidak lupa untuk tetap mewaspadai perkembangan nyamuk dengue yang membawa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan menerapkan 3M Plus di sekitar lingkungan tinggal kita.

 

Sumber: https://www.bmkg.go.id/iklim/potensi-banjir.bmkg?p=prakiraan-daerah-potensi-banjir-bulan-maret-mei-2024&tag=&lang=ID