Tips Aman Menghadapi Angin Puting Beliung

210

Tips Aman Menghadapi Angin Puting Beliung

Angin puting beliung merupakan salah satu bencana penyerta musim hujan yang sangat merugikan, hal ini dikarenakan bencana tersebut termasuk bencana yang berbahaya dan mengakibatkan kerusakan yang cukup parah bagi lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, munculnya angin puting beliung merupakan hal yang sulit untuk dideteksi, sehingga tak jarang memakan banyak korban.

Melihat hal diatas, maka penting bagi kita untuk mengetahui terkait apa saja yang harus dilakukan saat ada angin puting beliung terjadi, agar dapat meminimalisir berbagai potensi buruk yang mungkin terjadi.

Langkah Antisipasi Puting Beliung.

Berikut ini adalah langkah antisipasi yang harus dilakukan saat terjadi angin puting beliung terjadi, diantaranya adalah:

  1. Membawa masuk barang-barang yang ada di luar ke dalam rumah agar tidak terbang tersapu angin.

  2. Masuk kedalam rumah dan kunci semua pintu.

  3. Matikan semua aliran listrik untuk mencegah terjadinya korsleting yang bisa memicu kebakaran

  4. Segera jongkok dan bungkukkan badan ke lutut sembari kedua tangan mendekap lutut atau kaki, dan jangan bertiarap di atas tanah apabila terlihat adanya potensi petir

  5. Apabila berada di luar ruangan,hindar bangunan tinggi, tiang listrik, papan reklame, pohon. Sebab, semuanya bisa roboh ketika dihantam angin

Dengan mengetahui berbagai tips menghadapi angin puting beliung di atas, diharapkan dapat meminimalisir potensi jatuhnya korban luka maupun korban jiwa di tengah masyarakat indonesia saat terjadinya angin puting beliung.

Tetap terapkan perilaku hidup sehat dan bersegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami luka selama masa evakuasi, agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin.