Tips Aman Pasca Terjadinya Gempa Bumi

Friday, 20 August 2021

12

Tips Aman Pasca Terjadinya Gempa Bumi

Gempa bumi yang melanda di beberapa titik wilayah di Indonesia telah memakan banyak kerugian materil maupun korban jiwa. Gempa bumi sendiri merupakan Jenis bencana ini bersifat merusak, dapat terjadi setiap saat dan berlangsung dalam waktu singkat. Gempa bumi dapat menghancurkan bangunan, jalan, jembatan dan sebagainya dalam sekejap. Sampai saat ini, belum ada ahli dan institusi yang mampu memprediksi kapan terjadinya gempa bumi.

Melihat kondisi kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi tersebut, masyarakat yang terdampak oleh gempa bumi tidak disarankan untuk melakukan aktivitas seperti sedia kala sampai seluruh kondisi lingkungan dinyatakan sudah aman untuk dilalui dan dikunjungi. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat diperhatikan oleh masyarakat ketika gempa bumi telah berhenti mengguncang lingkungan kita, seperti :

  1. Waspada terhadap gempa bumi susulan
  2. Ketika berada di dalam bangunan, evakuasi diri anda setelah gempa bumi berhenti. Perhatikan reruntuhan maupun benda-benda yang membahayakan pada saat evakuasi.
  3. Jika berada di dalam rumah, tetap berada di bawah meja yang kuat.
  4. Berdirilah di tempat terbuka jauh dari gedung dan instalasi listrik dan air. Apabila di luar bangunan dengan tebing di sekeliling, hindari daerah yang rawan longsor.
  5. Jika di dalam mobil, berhentilah di pinggir jalan, tetapi tetap berada di dalam mobil. Hindari berhenti di bawah atau di atas jembatan atau rambu-rambu lalu lintas.

Dengan menjalankan beberapa prosedur diatas, diharapkan masyarakat dapat aman dari adanya kemungkinan reruntuhan akibat gempa bumi. Apabila terdapat anggota keluarga maupun tetangga sekitar yang sakit dan mengalami luka akibat gempa bumi yang melanda, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Sumber :

1. http://bpbd.jogjaprov.go.id/gempabumi#:~:text=Gempa%20bumi%20adalah%20peristiwa%20berguncangnya,dan%20berlangsung%20dalam%20waktu%20singkat.