Tips Menghadapi Hujan Lebat Saat Mudik

259

Tips Menghadapi Hujan Lebat Saat Mudik

Kondisi cuaca yang tidak menentu pada saat mudik lebaran berlangsung, membuat kita harus melakukan berbagai persiapan yang matang. Hal ini dilakukan agar kita sebagai pengendara mampu bisa beradaptasi dan menghadapi berbagai tantangan/kondisi cuaca yang akan terjadi.

Salah satu kejadian yang perlu disiapkan oleh pemudik adalah situasi hujan deras yang terjadi disaat kita sedang berkendara. dengan mengetahui apa yang perlu dilakukan saat hujan deras terjadi ketika kita berkendara, kita dapat terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Tips Berkendara saat Hujan Deras.

Berikut ini adalah beberapa tips berkendara di situasi hujan deras yang perlu dilakukan oleh pengendara untuk menghindari kecelakaan atau kejadian yang tidak diinginkan lainnya ketika berada dijalan, diantaranya adalah:

  1. Hindari aktivitas dan menjauhi tempat yang rawan seperti bagunan yang mudah roboh akibat tiupan angin yang kencang.

  2. Tidak berteduh dibawah pohon, hal ini perlu untuk diperhatikan karena pohon akan sangat rentan untuk tumbang, terutama pohon yang rindang.

  3. Mengenakan mantel hujan yang lengkap dan disarankan untuk menggunakan mantel yang memiliki unsur berpendar ketika terkena cahaya, agar memudahkan diri untuk terlihat dan melihat ketika berlalu lintas di jalan.

  4. Mewaspadai adanya genangan air, karena kita tidak dapat memastikan lubang tersebut besar atau kecil.

  5. Biarkan lampu tetap menyala.

  6. Menggunakan sepatu boot untuk meminimalisir kedinginan.

Dengan menerapkan beberapa tips berkendara saat musim hujan berlangsung tersebut diharapkan mudik lebaran dan silaturahim yang dilakukan dapat berjalan dengan lancer.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan atau posko kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit saat berkendara, agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.