Tips SIaga Menghadapi Erupsi Gunung Berapi

Friday, 17 September 2021

37

Tips SIaga Menghadapi Erupsi Gunung Berapi

Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak memiliki gunung api aktif. Menurut data yang dikeluarkan oleh Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment in Indonesia (MAGMA Indonesia), saat ini Indonesia memiliki 127 gunung api aktif dan berhasil menjadi negara dengan gunung aktif terbanyak di dunia.

Sebagai salah satu negara yang tercatat memiliki gunung aktif terbanyak di dunia, sudah pasti juga menduduki peringkat pertama dengan jumlah korban jiwa terbanyak. Melihat kondisi tersebut, sosialisasi mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terjadi erupsi gunung berapi harus terus ditingkatkan, agar erupsi tidak lagi memakan korban jiwa. Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus dilakukan oleh masyarakat apabila erupsi gunung terjadi di daerah kita.

  1. Bawa perlengkapan siap siaga saat evakuasi
  2. Kosongkan dan jauhi lokasi berbahaya
  3. Bawa binatang peliharaan saat evakuasi
  4. Lakukan merunduk, berlindung, dan bertahan.
  5. Mencari berita atau informasi melalui alat komunikasi atau radio.
  6. Ikuti arahan dari petugas yang berwenang,

Dengan menerapkan beberapa hal diatas, diharapkan dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa pada saat terjadinya erupsi gunung berapi. Apabila terdapat kerabat atau tetangga yang mengalami luka-luka pada saat proses evakuasi erupsi, diharapkan dapat segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Sumber :

1. https://magma.esdm.go.id/v1/edukasi/tipe-gunung-api-di-indonesia-a-b-dan-c

2. https://bpbd.baliprov.go.id/v/37/berita/article/1104/panduan-tentang-gunung-api