Tips Terhindar dari Dampak Erupsi

Monday, 20 September 2021

10

Tips Terhindar dari Dampak Erupsi

Dengan jumlah gunung api aktif yang mencapai 127, Indonesia berhasil mencatatkan dirinya sebagai salah satu negara dengan jumlah gunung api terbanyak di dunia. Namun demikian, hal tersebut justru menjadikan Indonesia menjadi negara dengan peringkat pertama yang memiliki korban akibat erupsi gunung berapi.

Erupsi gunung berapi memberikan dampak yang sangat berbahaya baik bagi kesehatan maupun lingkungan, sehingga adanya pengetahuan mengenai apa yang harus dilakukan oleh masyarakat agar terhindar dari dampak erupsi gunung berapi, merupakan hal yang sangat penting untuk diberikan perhatian. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar terhindar dari dampak erupsi gunung berapi.

  1. Sediakan masker dan kacamata pelindung
  2. Menampung air bersih
  3. Ikuti tim siaga bencana di daerahmu
  4. Gunakan alas kaki, baju tertutup dan celana panjang ketika berada di luar ruangan
  5. Menggunakan sarung tangan saat membersihkan abu

Adanya pengetahuan dan penerapan yang baik dalam mencegah dampak erupsi gunung berapi, diharapkan persentase dari adanya korban akibat erupsi di Indonesia dapat berkurang secara bertahap. Apabila terdapat kerabat atau tetangga yang mengalami luka-luka pada saat proses evakuasi erupsi, diharapkan dapat segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Sumber :

1. https://magma.esdm.go.id/v1/edukasi/tipe-gunung-api-di-indonesia-a-b-dan-c 

2. https://bpbd.baliprov.go.id/v/37/berita/article/1104/panduan-tentang-gunung-api