Wamenkes Minta Saka Bakti Husada Ikut Serta Mencegah Stunting hingga Kebencanaan

608

Wamenkes Minta Saka Bakti Husada Ikut Serta Mencegah Stunting hingga Kebencanaan

Tepat pada tanggal 17 Juli 2023, Peringatan Hari Saka Bakti Husada dilaksanakan di gedung Kementerian Kesehatan Republik indonesia.

Pada kegiatan tersebut, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono selaku Wakil Menteri Kesehatan Menyampaikan permintaannya kepada anggota Saka Bakti husada untuk berperan dalam mensukseskan berlangsungnya transformasi kesehatan, khususnya di bidang pelayanan primer.

Lebih lanjut, dr. Dante memberikan dua amanat kepada Saka Bakti Husada, yaitu terkait pelayanan primer, yaitu anggota Saka Bakti Husada bisa secara nyata untuk berpartisipasi dalam mencegah dan mengedukasi teman-teman sebaya untuk berhenti merokok.

Tindakan ini perlu untuk diambil, mengingat 3 dari 4 orang mulai merokok di usia kurang dari 20 tahun dan saat ini diketahui bahwa perokok anak mencapai 10%, yang artinya terdapat 1 dari 10 anak sudah merokok.

Selain itu, Saka Bakti Husada juga dapat berpartisipasi dalam bidang lain, yaitu deteksi dan pemberian protein hewani bagi penderita stunting, pencegahan obesitas hingga edukasi imunisasi.

Untuk amanat yang kedua adalah terkait ketahanan kesehatan, dimana anggota Saka Bakti Husada akan dilatih untuk tenaga cadangan kesehatan yang siap membantu saat terjadi bencana.

Dalam mendorong program tersebut, tepat pada 17 Agustus 2022 yang lalu, Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan menyampaikan tentang program tenaga cadangan kesehatan pada jambore nasional, dimana terdapat 3000 anggota Saka Bakti husada Penegak dan 25 Ribu Saka Bakti Husada Pandega.

Dengan amanat yang diberikan dan slogan yang digunakan pada perayaan Saka bakti Husada, diharapkan dapat menjadi peningkat motivasi untuk mengambil peran dalam mewujudkan Indonesia sehat.