Workshop Peningkatan Kapasitas Daerah Dalam Safe Hospital Tingkat Provinsi

194

Workshop Peningkatan Kapasitas Daerah Dalam Safe Hospital Tingkat Provinsi

Kota Bandung, 26 Marat 2024

Rumah sakit memegang peranan vital untuk mengurangi atau meminimalisir angka kesakitan dan kematian akibat bencana. Rumah sakit berperan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat, menjadi tempat rujukan, menyediakan data dan informasi kesehatan termasuk melakukan surveilans, serta berkontribusi dalam kegiatan preventif dan promotif. Untuk menjalankan perannya tersebut maka RS tersebut harus tetap aman, berfungsi, serta dapat diakses pada situasi bencana atau disebut sebagai RS aman bencana atau safe hospital.

Menindaklanjuti mandat peraturan perundangan serta tugas Indonesia sebagai lead country ASEAN terkait fasyankes aman bencana, maka pada Juli 2023 dan tanggal 25-28 Maret 2024 bertempat di Hotel Aston Pasteur Bandung diselenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Daerah dalam Safe Hospital Tingkat Provinsi. Peserta workshop  berasal dari seluruh provinsi di Indonesia yang berasal dari rumah sakit, universitas, poltekkes, dinas kesehatan, dan organisasi masyarakat.

Output dari workshop ini adalah tenaga terlatih serta calon fasilitator untuk mendukung pencapaian target strategis Kementerian Kesehatan.