Air Bisa Menjadi Sumber Bencana Akibat Dampak Krisis Lingkungan

Share
By Staff PKK April, 15 2016 Intermezo
Air Bisa Menjadi Sumber Bencana Akibat Dampak Krisis Lingkungan

Hampir setiap negara sangat takut terhadap krisis lingkungan, begitu juga dengan Indonesia. Sebab krisis lingkungan tidak hanya dapat menghancurkan perekonomian masyarakat, tapi juga dapat memicu kepunahan makhluk hidup di bumi ini. walaupun Krisis lingkungan cukup mengancam, namun sebagian masyarakat masih belum menyadari akan ancaman krisis lingkungan ini. salah satu dampak yang akan di timbulkan dari krisis lingkungan adalah fungsi air, air sebagai sumber penghidupan namun bisa menjadi pembawa bencana. Banjir, dan tanah longsor dua jenis bencana yang kini hampir terjadi merata diseluruh pelosok tanah air dan ini terjadi karena pemanfaatan sumber daya alam yang mengabaikan keseimbangan ekologi.

Saat ini bencana banjir semakin mengancam masyarakat Indonesia. penyebab banjir sering kali terjadi akibat faktor manusia. Penggundulan hutan yang semakin gencar, merusak kawasan daerah aliran sungai menjadi salah satu penyebab utama terjadinya banjir bandang dan tanah longsor. Bencana alam terkait dengan air (water related disaster), tidak hanya banjir dan tanah longsor, tapi juga kekeringan, pencemaran air tanah, dan sebagian besar itu karena perilaku manusia.

Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, sebagian besar bencana banjir yang terjadi di Indonesia merupakan akibat kelalaian dalam mengelola sumber daya alam dan lingkungan dengan baik dan benar. Sebab secara umum, fenomena banjir yang terjadi di Indonesia selalu berkorelasi dengan praktek penggundulan hutan dan rusaknya kawasan resapan air di daerah hulu.

selain itu di tambah juga dengan semakin menipisnya daerah resapan air, bukan hanya menimbulkan banjir namun juga menimbulkan kekeringan akibat berkurangnya cadangan air tanah yang amat dibutuhkan untuk —keberlangsungan kehidupan ekologi dan ekosistem (tidak hanya manusia). Selain itu alih fungsi lahan di daerah hulu dari kawasan pertanian dan budidaya menjadi kawasan permukiman dan kawasan terbangun juga mengakibatkan aliran permukaan yang lebih besar ketika hujan turun. Kondisi ini semakin diperparah oleh rendahnya kesadaran semua pihak akan pentingnya memelihara saluran sungai dan drainase dari pendangkalan atau penyempitan yang terjadi akibat penurnpukan sampah yang dibuang sembarangan.

Selain bencana banjir dan kekeringan, bencana yang berhubungan dengan air adalah ancaman terhadap keselamatan manusia akibat degradasi kualitas air, Ini akibat tercemarnya sumber-sumber air karena pengelolaan lingkungan yang buruk.

 

Sumber : http://www.menlh.go.id/dampak-krisis-lingkungan-air-jadi-sumber-bencana/

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait