Alasan utama, Banjir Besar Yang Terjadi Di Bekasi

Share
By Staff PKK April, 26 2016 Intermezo
Alasan utama, Banjir Besar Landa Bekasi

Pada Awal April 2016, Hujan Deras Melanda Sebagian wilayah Indonesia hal ini menyebabkan terjadinya bencana banjir di beberapa wilayah termasuk juga di kota kota besar. dalam hujan deras yang terjadi, Wilayah Bekasi dilanda banjir besar, banjir besar terjadi di Jatiasih bekasi pada pagi hari. Dalam kejadian tersebut sekitar 5 ribu rumah warga terendam banjir. Banjir dengan ketinggian 2-3 meter tersebut mencapai genteng rumah penduduk. Yang menjadi penyebab banjir di Bekasi Cukup parah adalah akibat da tanggul kali bekasi yang jebol,Air dari Kali Cikeas yang berada di dekat wilayah itu pun mengalir ke perumahan. Arus deras air melintasi genteng rumah-rumah warga. Debit air di bendungan kali itu mencapai 780 meter kubik per detik.

Banjir besar yang melanda Bekasi ini setidaknya merendam 5 kecamatan dan terdapat 5 ribu warga yang menjadi korban. Meluapnya aliran sungai bekasi akibat tanggul jebol ini mengakibatkan masyarakat yang berada di bantaran sungai bekasi di pastikan terendam banjir cukup parah. Lokasi banjir cukup parah terdapat di Perumahan Pondok Gede Bekasi Permai Jatiasih. Warga langsung di evakuasi ke tempat pengungsian karena ketinggian air sudah sampai genteng rumah warga.

Lalu Mengapa Tanggul Di Bekasi Jebol?

Yang menjadi penyebab jebolnya tanggul di Bekasi karena proses pembangunan tanggul tersebut masih belum sepenuhnya rampung, selain itu hujan deras terjadi terus menerus sehingga membuat debit air di kali bekasi semakin meluap. Ketinggian air juga di tambah dengan air kiriman dari Bogor. Selain itu yang menjadi ke khawatiran adalah akan terjadinya lagi banjir susulan sebab curah hujan masih sangat tinggi. Banjir yang yeng terjadi di Jatiasih ini cukup parah dan memang sudah ada rencana membenahi kali yang rawan meluap saat curah hujan tinggi. hingga saat ini upaya perbaikan tanggul masih terus di lakukan. Pemerintah Bekasi saat ini sedang membangun tanggul di sisi Kali Bekasi. Pengerjaan tersebut diprediksi akan selesai pada 2018 mendatang.

 

Sumber : http://blog.act.id/tanggul-kali-jebol-jadi-penyebab-banjir-di-bekasi/

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait