Banjir di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan

Share
By July, 25 2010
Banjir di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan

Pada tanggal 24 Juli 2010 pukul 05.00 WITA telah terjadi banjir di 9 desa di Kecamatan Setui, Kabupaten Tanah Bumbu. Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada tanggal 24 Juli 2010 pukul 05.00 WITA telah terjadi banjir di 9 desa di Kecamatan Setui, Kabupaten Tanah Bumbu. Provinsi Kalimantan Selatan. Banjir dengan ketinggian 2,5 m tersebut masih merendam sekitar 100 - 150 rumah.

Peristiwa tersebut mengakibatkan korban meninggal dunia sebanyak 3 orang, korban luka berat 3 orang, korban luka ringan sebanyak 350 orang, korban hilang 4 orang, dan pengungsian sebanyak 1.500 orang di 4 lokasi (Gedung Serbaguna Kec. Setui, Balai Desa Sungai Danau, Balai Desa Sinar Bulan dan Masjid Desa Setui Timur).

Jajaran kesehatan telah melakukan evakuasi terhadap korban, membuka 5 Pos Kesehatan (di lokasi pengungsian dan Puskesmas Kec. Setui) yang beroperasi 24 jam, memberikan pelayanan kesehatan, serta melakukan pemantauan di lokasi kejadian.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan telah memberikan bantuan berupa perahu karet (dengan motor tempel dan dayung) sebanyak 1 set, MP-ASI 7 boks, PAC 200 bungkus, kaporit 5 boks, kantong mayat 20 buah, larutan desinfektan 100 liter, tenda Weinmann 1 unit, genset 1 unit, dan blower 1 unit.

Kementerian Kesehatan telah mengirimkan 3 orang tenaga kesehatan untuk melakukan Penilaian Cepat Kesehatan (Rapid Health Assessment/RHA) serta memberikan bantuan dana operasional sebesar 20 juta rupiah ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu.

Hingga saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat. Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, PPK Regional Kalimantan Selatan dan Pusat Penanggulangan Krisis Kementerian Kesehatan.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait