BERITA GEMPA TERBARU DI KAB MANOKWARI

Share
By January, 05 2009
BERITA GEMPA TERBARU DI KAB MANOKWARI

Berikut ini adalah berita terakhir bencana gempa bumi di Kab. Manokwari, Kota Sorong dan Kab. Sorong Prov. Papua Barat serta Kab. Biak Numfor di Prov. Papua.

Gempa bumi mengguncang Kab. Manokwari dan Kab. Sorong Prov. Papua Barat pagi dini hari tanggal 4 Januari 2009. Gempa ini kemudian diikuti oleh serentetan gempa susulan yang menimbulkan kerusakan pada beberapa bangunan di Kab. Manokwari dan 321 rumah di Kota Sorong ambruk serta membuat masyarakat di pesisir pantai panik dan masih bertahan di tempat yang lebih tinggi karena adanya peringatan potensi tsunami.

Berdasarkan laporan BMKG Sejak gempa pertama terjadi di Kab. Manokwari Prov. Papua Barat hingga saat ini telah terjadi 57 kali gempa bumi tektonik yang dirasakan di Kab. Manokwari, Kota Sorong, dan Kab. Sorong Prov. Papua Barat, serta Kab. Biak Prov. Papua dengan kekuatan gempa berkisar antara 5,0 hingga 7,6 SR.

Gempa ini mengakibatkan 2 orang meninggal dunia, luka berat sebanyak 13 orang yaitu 7 orang di Kab. Manokwari, 5 orang di Kota Sorong, dan 1 orang di RSUD Kab. Sorong, serta luka ringan sebanyak 255 orang. Adapun jumlah pengungsi tercatat sebanyak 7.350 orang di Kab. Manokwari yang tersebar di 31 titik pengungsian. Sementara itu bangunan RSUD Manokwari rusak ringan dan beberapa flowmeter oksigen pecah sedangkan Gudang obat di RS Sele Be Solu Kota Sorong roboh dan gedung RS tersebut mengalami keretakan.

Jajaran kesehatan setempat telah mengevakuasi korban, memberikan pelayanan kesehatan di Pos Kesehatan, Puskesmas dan Rumah Sakit. Dinkes Prov. Papua mengirim 4 koli obat-obatan ke Kab. Manokwari berupa obat anestesi, antibiotik, ATS, obat pelayanan dasar dan obat trauma, sedangkan Departemen Kesehatan memberikan bantuan sosial untuk operasional bencana ke Dinkes Kab. Manokwari sebesar Rp 200 juta dan mengirimkan bantuan ke Dinkes Papua Barat berupa 2 ton MP ASI biskuit, 2 ton obat-obatan paket gempa bumi, 2 box lidocain inj. ( 60 amp ) dan 20 buah flowmeter oksigen.

Bantuan tenaga kesehatan yang telah tiba ke Kab. Manokwari sebanyak 18 orang yaitu dari PPK Regional Makassar mengirimkan tim kesehatan yang beranggotakan sebanyak 7 orang yang terdiri dari 2 dokter spesialis ortopedi, 1 dokter spesialis bedah, 1 dokter spesialis anestesi, 1 dokter spesialis penyakit dalam, dan 2 paramedis, PPK Depkes mengirim 2 orang dokter, Bulan Sabit Merah mengirim 1 dokter dan 1 perawat, dan Dinkes Provinsi Papua mengirim tim kesehatan yang beranggotakan sebanyak 7 orang yang terdiri dari 3 dokter, 3 perawat dan 1 bidan.

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat dan Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, Dinas Kesehatan Kota Sorong, Dinas Kesehatan Kab. Sorong, Dinas Kesehatan Kab. Biak Numfor, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, PPK Sub Regional Papua dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait