Botol Plastik Bisa Menjadi Sumber Bencana Lingkungan

Share
By Staff PKK October, 03 2016 Intermezo
Botol Plastik Bisa Menjadi Sumber Bencana Lingkungan

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini banyak minuman dalam kemasan yang menggunakan botol plastik. Penggunaan botol plastik semakin marak di kalangan masyarakat, seakan sudah menjadi budaya untuk mengkonsumsi minuman dalam kemasan tersebut. Dibalik itu semua terdapat fakta yang mengejutkan, penggunaan botol plastik memiliki dampak yang sangat buruk terhadap residu lingkungan. Sampah sampah dari botol plastik menjadi penyumbang bencana banjir, karena mampu menyumbat aliran air sehingga membuat air menjadi meluap.

Selain itu Botol plastik bisa menjadi ancaman terhadap bencana lingkungan. Hal tersebut karena proses penguraian botol plastik bisa memakan waktu 450 sampai 1.000 tahun. Sehingga sampah botol plastik akan menjadi limbah yang sangat berbahaya. Sudah banyak negara yang mengurangi produksi botol plastik terhadap minuman kemasan, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi dampak bencana lingkungan yang ditimbulkan dari botol plastik.

alasan bahaya penggunaan botol plastik bagi lingkungan

Sampah Botol Plastik Tidak bisa diurai dan Semakin menumpuk

Sampah botol plastik tidak bisa sepenuhnya diurai, butuh waktu hingga 100 tahun agar bisa diurai. Hal ini memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Hampir 3 juta ton sampah plastik diseluruh dunia berasal dari botol minum plastik yang hanya bisa digunakan sekali pakai. Hal ini akan menjadi ancaman bagi lingkungan.

Produksi botol plastik menguras sumber daya

Produksi plastik sangat memerlukan sumber daya yang cukup banyak. 1 buah botol minum plastik setidaknya membutuhkan 3x jumlah kandungan air yang terkandung dalam botol tersebut. penggunaan sumber air tanah yang berlebihan akan menyebabkan terkurasnya habis air tanah milik warga disekitar pabrik pembuatan botol plastik.

Penyumbang sampah terbesar

Botol plastik menjadi penyumbang sampah paling besar. hal tersebut karena dari total semua produksi botol minuman plastik hanya separuh botol yang bisa di daur ulang dan sisanya akan berakhir ditempat sampah. Hal ini menyebabkan sampah botol yang akan menumpuk karena sulit untuk diuraikan dan menjadi penyumbang terbesar sampah yang hanyut dilautan.

 

Sumber : http://blog.act.id/cegah-bencana-lingkungan-tiga-alasan-bahaya-penggunaan-botol-plastik/

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait