Faktor Kerusakan Ekologi di Daerah Aliran Sungai Menjadi Penyebab Banjir

Share
By Staff PKK November, 08 2016 Intermezo
Faktor Kerusakan Ekologi di Daerah Aliran Sungai Menjadi Penyebab Banjir

Bencana alam seperti banjir dan longsor merupakan bencana yang sering kali melanda wilayah Indonesia. bencana banjir menjadi permasalahan setiap daerah di Indonesia. hal tersebut karena saat musim hujan bencana ini sering terjadi. Banyak faktor yang menyebabkan bencana banjir dan longsor terjadi, bukan hanya faktor alam namum faktor manusia juga kian memperparah bencana ini. banjir dan longsor yang semakin meluas umumnya terjadi karena adanya kerusakan ekologis di daerah Aliran sungai (DAS), kerusakan ini yang membuat bencana banjir dan longsor semakin parah. Dibeberapa daerah seperti di Jawa Barat, bencana banjir dan longsor terjadi karena rusaknya daerah aliran sungai. Sehingga saat musim hujan, air meluap dan menyebabkan banjir besar.

kerusakan ekologis terjadi di daerah aliran sungai (DAS) di hulu, biasanya terjadi karena banyak alih fungsi lahan di kawasan tersebut. Selain itu semakin banyak nya penebangan liar ikut memperparah kondisi ini. faktor curah hujan yang tinggi adalah pemicu namun rusaknya DAS menjadi penyebab bencana ini semakin besar. semakin banyak nya yang mendirikan bangunan di bantaran sungai dan kurang nya kesadaran masyarakat yang masih membuang sampah disungai hanya akan memperparah kondisi ini, karena bukan tidak mungkin, saat memasuki musim hujan, bencana banjir dan longsor menajdi ancaman dan tentu ini akan merugikan semua pihak termasuk masyarakat.

Penataan di wilayah hulu dan daerah aliran sungai masih belum efektif karena saat ini masih banyak yang membuka peluang alih fungsi kawasan konservasi. Harusnya daerah tersebut merupakan kawasan hijau yang banyak pepohonan karena untuk resapan air. Namun saat ini sudah semakin banyak yang mendirikan bangunan sehingga kerusakan ekologis menjadi penyebab utama terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

 

Sumber : http://jabarprov.go.id/index.php/news/5839/2013/01/21/Kerusakan-Ekologi-Faktor-Bencana-Banjir

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait