Gunung Gamkonora Meletus

Share
By July, 09 2007
Gunung Gamkonora Meletus

Gunung Gamkonora yang terletak di Kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara meletus sekitar pukul 15.30 WIT pada Senin tanggal 9 Juli 2007.

Status SIAGA (Level III) ditetapkan sejak pagi hari pukul 10.00 WIT berdasarkan hasil analisa data kegempaan dan visual yang dilakukan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Dengan terjadinya letusan maka status gunung api Gamkonora ditingkatkan menjadi AWAS (Level IV). Berdasarkan catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, G. Gamkonora merupakan salah satu gunung api aktif  dengan 12 letusan antara tahun 1564 dan 1997 dengan intensitas letusan kecil sampai sedang.

Hingga berita ini dibuat (pukul 20.00 WIB), belum diperoleh informasi mengenai kondisi masyarakat di sekitar G. Gamkonora. Berdasarkan informasi dari Dinkes Kab. Halmahera Barat dan Dinkes Prov. Maluku Utara, sulitnya informasi disebabkan tidak adanya sarana komunikasi di lokasi bencana.

Pusat Penanggulangan Krisis Depkes mengirim bantuan berupa 10.000 buah masker dan 2 unit telepon satelit ke lokasi bencana.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait