GUNUNG SOPUTAN KEMBALI MELETUS

Share
By October, 25 2007
GUNUNG SOPUTAN KEMBALI MELETUS

Gunung Soputan yang terletak di Desa Kota Menara Kec. Amurang Timur Kab. Minahasa Selatan kembali meletus pada hari Kamis (25/10) pukul 08.00 WITA.  Selengkapnya klik di sini

Gunung Soputan yang terletak di Desa Kota Menara Kec. Amurang Timur Kab. Minahasa Selatan kembali meletus pada hari Kamis (25/10) pukul 08.00 WITA.  Gunung setinggi 1.783 meter ini mengeluarkan semburan debu yang kemudian tersebar menurut arah angin menuju beberapa kecamatan di  Kab. Minahasa Selatan (Kec. Tumpaan, Kemelembuai, Tareran, Amurang, Amurang Timur dan Amurang Barat) serta 2 kecamatan di  Kab. Minahasa Tenggara (Kec. Toluaan dan Kec. Tombatu).  Penduduk yang terancam di wilayah tersebut sebanyak 135.210 jiwa.

Kejadian ini tidak menyebabkan terjadinya korban jiwa, luka-luka maupun pengungsian.  Namun demikian, jajaran kesehatan setempat tetap melakukan berbagai upaya kesiapsiagaan untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan kesehatan akibat peningkatan aktivitas gunung tersebut, antara lain dengan kegiatan penyuluhan dan  membagikan masker. Bantuan masker sebanyak 150.000 buah secepatnya akan dikirim oleh Departemen Kesehatan ke lokasi bencana.

Gunung Soputan telah beberapa kali meletus yaitu pada bulan Desember 2006, Desember 2004, Oktober 2004 dan terakhir  kali meletus pada tanggal 14 Agustus 2007.  Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, saat ini status gunung tersebut dinyatakan  berada pada level III (SIAGA).

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait