Interaksi Lempeng Utama Dunia Penyebab Gempa Bumi Di Indonesia

Share
By Staff PKK April, 28 2016 Intermezo
Interaksi Lempeng Utama Dunia Penyebab Gempa Bumi Di Indonesia

Indonesia bukan lah negara yang aman dari bencana gempa bumi, Indonesia termasuk daerah yang memiliki ancaman gempa bumi paling besar di banding negara lain. Hampir setiap tahunnya Wilayah Indonesia bisa terkena gempa, hal tersebut di dorong juga oleh letak Indonesia yang berada pada Lempengan bumi. Gempa yang terjadi di Indonesia juga cukup bisa, Gempa bisa terjadi dengan kekuatan diatas 5 Sr. gempa tersebut memiliki efek kerusakan dan korban jiwa, jika terjadi di lautan dapat memicu terjadinya tsunami.

Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral melaporkan, gempa bumi yang terjadi di wilayah Indonesia dalam beberapa bulan terakhir terjadi akibat dinamika pada lapisan bumi. Di indonesia umumnya gempa bumi terjadi akibat tataan geografi indonesia yang berada dalam pertemuan sejumlah lempeng tektonik yang memiliki pergerakan aktif. Damapk dari pergerakan lempeng tersebut dapat memicu terjadinya gempa bumi.

Secara Geologi, Indonesia terletak pada 3 Lempeng Utama dunia, yaitu, Lempeng Samudra Pasifik yang bergerak ke arah barat-baratlaut dengan kecepatan sekitar 10 cm per tahun, Lempeng Samudra India-Benua Australia (Indo-Australia) yang bergerak ke utara-timurlaut dengan kecepatan sekitar 7 cm per tahun, serta Lempeng Benua Eurasia yang relatif diam, namun resultante sistem kinematiknya menunjukkan gerakan ke arah baratdaya dengan kecepatan mencapai 13 cm per tahun. Hal ini yang menjadi terjadinya pemicu peristiwa geologi di Indonesia, beberapa daerah memiliki tingat gempa yang cukup tinggi seperi Sumatera Barat. terjadinya gempa juga berkaitan dengan keberadaan sesar aktif yang membentang di beberapa wilayah, di antaranya sesar Sumatera, sesar Palu, sesar di Papua, atau sesar yang lebih kecil seperti sesar Cimandiri, Jawa Barat.

 

 

Sumber : http://esdm.go.id/berita/42-geologi/2849-gempa-di-indonesia-akibat-interaksi-lempeng-utama-dunia-.html

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait