Jangan Khawatir, Stok Logistik dan Berbagai Kebutuhan Darurat Lainnya Tetap Lancar Selama Pandemi

Share
By Webmaster May, 13 2020 ARTIKEL COVID-19
Jangan Khawatir, Stok Logistik dan Berbagai Kebutuhan Darurat Lainnya Tetap Lancar Selama Pandemi

Pandemi COVID-19 membuat pemerintah harus siap siaga dan menurunkan berbagai kebijakan untuk mengamankan rakyatnya. Hingga kini, ada banyak sekali kebijakan yang diberlakukan untuk mengantisipasi penularan COVID-19. Contohnya physical distancing, work from home, hingga PSBB.

Apa itu PSBB? Dan bagaimana dampaknya terhadap stok logistik serta kebutuhan darurat lainnya selama pandemi? Temukan jawabannya pada uraian di bawah!

Pemerintah Jamin Bantuan Akan Aman Selama Pandemi

Salah satu kebijakan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 adalah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Dalam kebijakan ini, pemerintah memberlakukan peraturan sebagai berikut :

1. Larangan kegiatan pembelajaran di pusat pembelajaran
2. Larangan kegiatan beribadah di rumah ibadah
3. Larangan pengoperasian fasilitas publik dan gedung pertemuan
4. Larangan kegiatan sosial budaya
5. Larangan kegiatan resepsi pernikahan dan yang sejenis
6. Larangan berkumpul dengan banyak orang

Selain itu, terdapat juga larangan untuk mudik atau pulang kampung selama pandemi dinyatakan selesai.
Usut punya usut, banyak orang mengira kebijakan PSBB menyebabkan peredaran barang terhambat dan merugikan berbagai pihak. Mereka takut jika PSBB juga berdampak pada bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah.
Dengan tegas pemerintah mengatakan bahwa kebijakan PSBB tersebut tidak diberlakukan untuk stok logistik, serta berbagai kebutuhan yang darurat selama masa pandemi. Berikut ini berbagai jenis kebutuhan yang akan tetap lancar serta bebas dari PSBB :

1. Kendaraan pengangkut Logistik
2. Bahan pokok makanan
3. Obat-obatan dan alat medis
4. Kendaraan pengangkut petugas operasional pemerintah
5. Kendaraan pengangkut petugas penanganan COVID-19

Tak hanya itu, bantuan dari pemerintah seperti yang telah diberitahukan melalui portal online resmi juga akan dikecualikan dari PSBB, bersamaan dengan lima kategori yang telah disebutkan. Jadi, ketika masyarakat dengan patuh berada di rumah saja selama masa pandemi, kebutuhan akan tetap terpenuhi.

Semua itu dilakukan untuk meminimalisir penularan COVID-19 di negara kita. Jika anda mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan pemerintah, dengan ijin Tuhan kondisi pandemi berangsur pulih. Kita juga bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasanya.

Yang perlu anda ingat adalah jangan terlalu panik dan selalu jaga kesehatan dimanapun anda berada. Pemerintah menjamin bahwa stok logistik dan bahan-bahan yang diperlukan akan tetap aman dan lancar. Mari bersatu lawan COVID-19!

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait