Kenali Dampak Berbahaya Akibat Banjir

Share
By Staff PKK September, 25 2016 Intermezo
Kenali Dampak Berbahaya Akibat Banjir

Musim hujan kerap identik dengan bencana banjir, bukan hanya di Jakarta namun juga di beberapa daerah di indonesia kerap dilanda musibah banjir. banyak faktor yang menyebabkan bencana ini sering terjadi secara berulang setiap tahunnya. Salah satu faktor yang menjadi penyebab bencana banjir adalah kurang nya daerah resapan air dan juga kesadaran masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai. Hal ini menjadi penyumbang tinggi penyebab terjadinya banjir.

Banjir yang terjadi akan sangat mengganggu aktifitas masyarakat, pelemahan ekonomi dan menimbulkan masalah pada kesehatan, sebab Air banjir yang membawa banyak wabah dan penyakit akibat meluapnya suangai sungai dan got got yang kumuh. Yang paling jelas terlihat dampak banjir adalah kelumpuhan aktifitas karena warga sulit keluar dari pengungsian. Banjir juga akan menimbulkan kerugian baik secara materil atau non materil.

Dampak Berbahaya Akibat Banjir

  • Melumpuhkan Aktifitas Masyarakat

Banjir yang cukup besar dengan ketinggian diatas satu meter yang menenggelamkan rumah penduduk, mengharuskan warga untuk mengungsi ke tempat yang aman. Pakaian dan perabotan di dalam rumah bisa terbawa oleh arus banjir. hal ini juga akan menimbulkan permasalahan seperti melumpuhkan aktifitas masyarakat karena sulit untuk melakukan aktifitas kerja seperti biasa.

  • Menimbulkan Kerugian Ekonomi

bagi masyarakat bencana banjir juga dapat menimbulkan kerugian ekonomi, sebab masyarakat yang terkena musibah banjir akan kehilangan dan kerusakan barang perabotan bahkan rumah pun bisa rusak akibat banjir. Selain itu mereka juga sulit bekerja untuk beberapa waktu sehingga mereka banyak kerugian yang besar dari segi ekonomi. bagi suatu daerah yang terdampak banjir ini juga akan berdampak terhadap ekonomi sebab, masyarakat tidak bisa beraktifitas seperti biasa dan menghambat laju perputaran roda ekonomi di suatu daerah yang terdampak banjir.

  • Kesulitan Air Bersih

Ketika banjir hampir semua wilayah tergenang air kotor hal ini menyebabkan masayarakat sulit untuk mendapat air bersih. Untuk air minum biasanya menggunakan air isi ulang, sedangkan air untuk mandi cukup sulit yang memaksa pengungsi banjir menahan untuk tidak mandi karena keterbatasan air bersih.

  • Menimbulkan Masalah kesehatan

Air yang kotor, kekurangan air bersih dan muncul genangan air yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya masalah kesehatan. hal ini akan berdampak terhadap penyebaran wabah penyakit. Banyak penyakit yang timbul didaerah yang terkena banjir. penyakit ini rentan menyerang kalangan anak-anak dan lanjut usia yang rentan terserang penyakit seperti gatal, diare bahkan sampai demam berdarah.

  • Menimbulkan korban jiwa

Bukan tidak mungkin, banjir juga dapat menimbulkan korban jiwa, hujan deras dan air sungai meluap cukup deras akan menyebabkan warga terseret arus banjir hingga meninggal dunia. ancaman ini biasanya terjadi bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai

 

Sumber : http://blog.act.id/5-dampak-berbahaya-akibat-banjir/

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait