Keracunan gas CO2 akibat dari perkembangan aktifitas Gunung Dieng di Kab. Banjarnegara Prov. Jawa Tengah

Share
By May, 30 2011
Keracunan gas CO2 akibat dari perkembangan aktifitas Gunung Dieng di Kab. Banjarnegara Prov. Jawa Tengah

Keracunan gas CO2 akibat dari perkembangan aktifitas Gunung Dieng di Kab. Banjarnegara Prov. Jawa Tengah.

Dari hasil pemantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi tanggal 23 Mei di salah satu kawah (Kawah Timbang) di Pegunungan Dieng ternyata ada peningkatan konsentrasi gas CO2. Dan pada tanggal 30 Mei pukul 01.00 WIB dini hari status Gunung Dieng ditingkatkan dari Waspada menjadi Siaga. Wilayah aman pun di naikkan dari 500 m menjadi 1,5 km.

Peristiwa tersebut menimpa 2 dusun (Dusun Simbar dan Dusun Serang) di Desa Sumberrejo, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Tidak ada korban meninggal dunia, korban luka berat maupun luka ringan dalam peristiwa tersebut, tetapi terjadi pengungsian sebanyak 410 orang di Balai Desa Batur dan SMU Negeri I Batur. Tidak ada sarana kesehatan yang rusak.

Jajaran kesehatan setempat telah melakukan evakuasi terhadap korban, membentuk pos kesehatan, dan memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas. PPK Regional telah mengirimkan Tim Kesehatan dengan membawa bantuan berupa obat-obatan serta berkoordinasi dengan instansi terkait.

Hingga saat ini jajaran kesehatan setempat masih melakukan pemantauan di lokasi bencana.

Pemantauan terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, PPK Regional Provinsi Jawa Tengah dan Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait