Langkah-langkah Mengurangi Resiko Akibat Angin Puting Beliung

Share
By Staff PKK January, 10 2017 Intermezo
Langkah-langkah Mengurangi Resiko Akibat Angin Puting Beliung

Angin puting beliung seringkali terjadi di Indonesia. Dampak yang disebabkan juga cukup besar. Untuk itu sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana antisipasi ketika terjadi angin puting beliung. Simak langkah-langkah berikut ini untuk mengurangi resiko yang disebabkan oleh angin puting beliung :

  1. Siapkan persediaan makanan dan keperluan lain yang diperkirakan cukup untuk 3 hari jika terjadi peringatan akan datangnya angin puting beliung.
  2. Sediakan alat penerangan alternatif seperti lilin, lampu senter beserta batrenya, sebaga antisipasi jika jaringan listrik rusak.
  3. Tutup jendela rumah menggunakan papan untuk menahan angin agar bangunan bisa bertahan.
  4. Selalu pantau kondisi darurat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan mendengarkan radio.
  5. Saat terjadi angin puting beliung atau pun angin topan, tetaplah berada di dalam rumah dan siapkan diri beserta keluarga untuk mengungsi jika dianjurkan untuk mengungsi.
  6. Apabila disarankan untuk tetap tinggal di dalam rumah, siapkanlah perbekalan makanan dan perlengkapan-perlengkapan lain, tetap berada di ruangan yang paling aman, mematikan sumber listrik dan elektronik, serta memantau situasi dan kondisi melalui radio/tv.
  7. Saat pusat angin topan lewat, meskipun dalam keadaan tenang, tetaplah berada di dalam rumah hingga badai benar-benar reda.
  8. Jika telah dianjurkan untuk mengungsi, usahakan untuk tidak kembali atau memasuki daerah tempat tinggal sampai dinyatakan aman.
  9. Saat proses pembenahan, pihak yang tidak berkepentingan dilarang masuk, untuk memudahkan proses pembenahan.

 

Sumber : http://bpbd.purbalinggakab.go.id/?page_id=203

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait