Langkah Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Share
By Staff PKK June, 30 2016 Intermezo
Langkah Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan saat ini sudah semakin melauas. Pencemaran lingkungan itu sendiri meliputi, pencemaran Air, udara dan tanah. Pencemaran lingkungan sebagian besar terjadi akibat ulah manusia. Semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pemanfaatan sumber daya alam ternyata tidak di imbangi dengan kondisi lingkungan. Hal ini tentu memberikan dampak pencemaran lingkungan dan juga kerusakan lingkungan. Pencemaran lingkungan atau polusi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada lingkungan yang tidak di kehendaki sehingga berdampak terhadap kerusakan lingkungan, kesehatan hingga keselamatan makhluk hidup.

Sebagai manusia tentu kita sudah di haruskan bisa menjaga dan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dan juga menjaga ekosistem alam. Langkah yang bisa di lakukan untuk mengatasi pencemaran lingkungan adalah dengan pencegahan dan pengendalian. Upaya pencegahan itu sendiri adalah mengurangi sumber dampak lingkungan yang lebih berat. Berikut adalah langkah mengatasi pencemaran lingkungan..

Pencegahan Pencemaran Lingkungan

  • Limbah industri cukup besar menyumbang kerusakan lingkungan, ada baiknya mengatur sistem pembungan limbah industri sehingga limbah industri tidak mencemari lingkungan
  • Penempatan Industri Atau Pabrik yang berpotensi mencemari lingkungan harus terpisah dari kawasan padat penduduk.
  • Melakukan pengawasan atas penggunaan beberapa jenis pestisida, insektisida dan bahan kimia lain yang berpotensi menjadi penyebab dari pencemaran lingkungan.
  • Melakukan penghijauan dengan menanam pohon sehingga polusi lingkungan bisa di cegah.
  • Bagi pelaku praktek kegiatan yang berpotensi merusak lingkungan harus di berikan sanksi atau hukuman yang tegas.
  • Memberikan sosialisasi pendidikan lingkungan sehingga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup. Dengan begitu masayrakat jadi bisa menjaga lingkungan dan tumbuhnya kepedulian masyarakat agar tetap bisa melestarikan lingkungan

 

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait