MagComp, Inovasi Mengatasi Sampah Rumah Tangga

Share
By Webmaster June, 20 2017 Intermezo
MagComp, Inovasi Mengatasi Sampah Rumah Tangga

Menciptakan lingkungan yang bersih merupakan kewajiban setiap orang. Sebagaimana agar bisa menjalani pola hidup bersih dan sehat. Menjalani pola hidup sehat harus diawali dari diri sendiri. Kita bisa memulai dari bisa mengelola sampah rumah tangga. Saat ini pemerintah semakin gencar untuk menciptakan lingkungan yang sehat yang dimulai dari lingkungan sekitar agar bisa mendukung program pemerintah Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB).

Salah satu inovasi terbaru adalah dengan menciptakan teknologi lingkungan yang memberikan nilai tambah dari sampah rumah tangga adalah teknologi sederhana Maggot Composter (MagComp) atau cara mudah atasi sampah rumah tangga.

MagComp adalah komposter sampah makanan yang dibuat khusus untuk budidaya maggot (Larva lalat). Keunggulan komposter ini adalah kemampuannya untuk mengolah berbagai macam sampah makanan yang basah dan mudah membusuk serta memiliki aroma menyengat tanpa harus mengeluarkan usaha ekstra.

Dengan teknologi ini, sampah organik rumah tangga tidak usah lagi dicacah, dipilah dikondisikan kelembabannya, diaduk dan sebagainya. Masukkan saja sampah-sampah tersebut kedalam ember penampung dan biarkan MagComp bekerja dengan sendirinya.

Produk utama dari MagCompt adalah Maggot, yang nanti bisa dimanfaatkan untuk suplemen tambahan pakan lele. Bukan hanya itu, MagComp juga dapat menghasilkan pupuk kompos yang bisa dimanfaatkan untuk pupuk pada tanaman herbal , tanaman hias dan juga buah.

Inovasi ini bisa dilakukan sendiri dirumah. Sebab alat yang dipakai adalah ua buah ember bekas yang digunakan sebagai tempat sampah organik yang kemudian akan menghasilkan maggot dan pupuk kompos

http://www.bppt.go.id/teknologi-sumberdaya-alam-dan-kebencanaan/2120-magcomp-inovasi-teknologi-atasi-sampah-rumah-tangga

Sumber gambar : harianjogja.com

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait