Media Edukasi Kebencanaan Melalui Diorama

Share
By Staff PKK June, 06 2016 Intermezo
Media Edukasi Kebencanaan Melalui Diorama

Bencana alam bisa terjadi sewaktu waktu tanpa bisa di prediksi. sangat penting bagi masyarakat untuk memiliki pengetahuan dalam mengatasi bencana, penanggulangan bencana hingga hal yang harus dilakukan saat terjadi bencana. dalam hal ini perlu kesadaran juga dari masyarakat. Kesadaran merupakan elemen penting dalam membangun ketangguhan masyarakat menghadapi bencana. salah satu pendekatan terhadap masyarakat yang perlu di lakukan adalah dengan melalui media edukasi. Media edukasi kebencanaan sangat penting bisa di terapkan kepada masyarakat, menanggapi hal tersebut BNPB mengembangkan diorama kebencanaan sebagai media medukasi publik, khususnya siswa-siswi sekolah di semua tingkatan.

Pengembangan Diorama kebencanaan karena bencana sangat memiliki pengaruh yang besar terhadap pembangunan berkelanjutan. Bencana berdampak pada tiga dimensi, yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh sebab itu pengurangan dan mitigasi bencana sejak dini perlu semakin di Tingkatkan. Di Indonesia setidaknya memiliki 136 Kab/Kota yang memiliki Indeks Resiko bencana tinggi. tentu mengurangi indeks resiko bencana perlu semakin di tingkatkan. Salah satu dari upaya mengurangi indeks tersebut melalui kesadaran masyarakat.

Salah satu yang dilakukan untuk tingkatkan kesadaran masyarakat terkait bencana adalah dengan diorama kebencanaan. Dalam diorama kebencanaan ini menyasar pelajar atau masyarakat di kalangan muda. Yang mana nantinya para kelompok muda ini memiliki pengetahuan jika suatu saat nanti di daerahnya terjadi bencana. diorama kebencanaan di berikan kepada pelajar pelajar. Oleh karena itu bahan-bahan pembelajaran terkait kebencanaan dapat terintegrasi dengan pendekatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, maupun non kurikuler. Sehingga nantinya para pelajar memiliki ilmu dalam mengatasi bencana.

 

http://www.bnpb.go.id/berita/2876/diorama-kebencanaan-media-edukasi-publik

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait