Membuat Sumur Resapan, Solusi Atasi Banjir di Lingkungan Rumah

Share
By Webmaster June, 29 2017 Intermezo
Membuat Sumur Resapan, Solusi Atasi Banjir di Lingkungan Rumah

Bencana banjir yang terjadi saat musim hujan seakan sudah menjadi langganan. Bagaimana tidak, bencana ini hampir terjadi setiap tahunnya. Dikota kota besar, setiap musim hujan selalu dihadapi dengan genangan air. Tentu hal tersebut sangatlah mengganggu. Ditambah lagi dengan sering terjadinya banjir dilingkungan rumah.

Mencegah banjir di lingkungan rumah bisa dengan membuat sumur resapan air hujan. Meskipun tidak seluruh masalah dapat diatasi, namun sumur resapan ini secara teoritis akan banyak membantu mengurangi masalah banjir di lingkungan rumah.

Bagaimana cara kerja sumur resapan air? Air hujan yang jatuh ke halaman setidaknya ada 85% harus bisa diserap oleh halaman sehingga tidak mengakibatkan terjadinya banjir. Halaman rumah secara tidak langsung bisa menyerap air hujan yang jatuh, termasuk dari atap rumah, yang mengalir melalui talang. Di sini sumur resapan akan mengurangi sumbangan bencana banjir dengan mengurangi sumbangan run off air hujan.

Resapan air ini akan masuk merembes kedalam lapisan tanah atau yang biasa disebut dengan lapisan tidak jenuh. Tanah dari berbagai jenis masih bisa menyerap air. kemudian masuk menembus permukaan tanah (water table) di mana dibawahnya terdapat air tanah (ground water)

Masuknya air hujan melalui resapan ini yang akan menjaga cadangan air tanah tetap ada. Sehingga memang sudah seharusnya kita membuat sumur resapan air di pekarangan rumah untuk bisa mencegah banjir dilingkungan

http://www.menlh.go.id/membuat-sumur-resapan-di-pekarangan-rumah/

Sumber gambar : radarcirebon.com

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait