Mengapa Kalimantan Selatan Jarang Terjadi Hujan Deras

Share
By Staff PKK September, 09 2016 Intermezo
Mengapa Kalimantan Selatan Jarang Terjadi Hujan Deras

Indonesia merupakan Negara dengan iklim tropis. Negara dengan iklim tropis biasanya hanya mempunyai dua macam musim yaitu Musim Kemarau dan Musim Hujan. Karakterisitik dari iklim Tropis adalah memiliki curah hujan yang tinggi. sehingga hal ini membuat beberapa daerah di indonesia memiliki tingkat curah hujan yang tinggi dan berpotensi terjadi bencana banjir. saat memasuki musim hujan, bencana banjir akan semakin meningkat. Dan puncak musim hujan akan terjadi merata di seluruh wilayah indonesia mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara sampai dengan Maluku dan Papua.

Berdasarkan data dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat masuk musim hujan hampir seluruh wilayah indonesia akan mengalami curah hujan yang cukup tinggi namun ada satu Daerah yang masuk kedalam pengecualian saat puncak musim hujan di Indonesia yaitu Kalimantan Selatan. Pada musim hujan 2016 ini Berdasarkan data dari BMKG Kalimantan Selatan, sebagian besar wilayahnya akan terhindar dari curah hujan yang deras. Mengapa hal tersebut bisa Terjadi ??

Fakta Hujan Di Kalimantan Selatan

sebagian besar curah hujan di wilayah Kalimantan Selatan masih berada di bawah normal

pada musim hujan 2016, Wilayah kalimantan selatan tidak seperti didaerah lain yang mengalami curah hujan tinggi. hal ini diperkirakan berkaitan dengan dampak El Nino yang masih terasa cukup aktif di Sekitar Banjarmasin. Pada tahun 2015 silam, Indonesia menghadapi Fenomena Alam El Nino yaitu musim kemarau berkepanjangan. Namun memasuki 2016 efek el nino masih terasa di Banjarmasin. namun kondisi suhu udara dan kelembaban cenderung lebih bersahabat ketimbang kondisi musim kemarau panjang akhir tahun 2015 lalu.

Karena Terbawa Dampak El Nino 2015

Kalimantan Selatan Berpotensi terjadi hujan yang sangat minim dalam curah yang deras. Bukan berarti tidak ada ancaman bencana banjir, namun hal ini akan menyimpan potensi banjir yang cukup tinggi. dijelaskan oleh BMKG, jarangnya hujan di Banjarmasin bisa sewaktu-waktu malah menimbulkan terjadinya hujan dengan intensitas yang tinggi. Namun dalam durasi yang cukup singkat. Jika sudah demikian, maka ancaman yang paling nyata malah bisa berdampak adanya bencana banjir bandang. dalam sejarah bencana di Kalimantan Selatan, Kalimantan Selata Menjadi Langganan Bencana Angin besar puting beliung saat cuaca buruk melanda wilayah ini.

 

Sumber : http://blog.act.id/fakta-mengapa-hujan-deras-tak-datang-di-kalimantan-selatan/

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait