Panen Air Hujan Sebagai Solusi Mencegah Genangan Air Saat Musim Hujan

Share
By Webmaster June, 03 2017 Intermezo
Panen Air Hujan Sebagai Solusi Mencegah Genangan Air Saat Musim Hujan

Saat memasuki Musim hujan, Wilayah Ibukota Jakarta sudah menjadi langganan banjir. Setiap kali hujan deras beberapa wilayah mengalami genangan air yang menyebabkan banyaknya aktifitas warga yang terhambat. Mengatasi hal tersebut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sudah melakukan kajian terhadap pemanenan air hujan dengan sumur resapan. Dengan sistem pemanenan ini diklaim bisa menanggulangi banjir cukup signifikan.

Melakukan panen pada air hujan dilakukan dengan menampung pada ukuran 10 meter kubik selama 2 sampai 3 jam dengan intensitas lebat bisa mengurangi genangan air secara siginifikan. Seperti yang diketahui, genangan air yang terjadi memang menimbulkan berbagai macam masalah.

Konsep panen air hujan ini adalah dengan mengalirkan air hujan yang jatuh ke permukaan atap melalui talang air untuk selanjutnya ditampung dalam bak penampungan dibawah tanah. Kemudian limpasan air yang keluar dari tangki penampung yang telah penuh itu disalurkan ke dalam sumur resapan yang meresapkan air hujan ke tanah

Proses panen air hujan ini sangat penting dilakukan pada daerah yang tinggi curah hujannya. Jika sistem pemanenan air hujan ini dilakukan secara masif tentu akan berdampak baik. selain terhindar dari genangan air, masyarakat juga akan mendapatkan sumber air bersih dan jumlah cadangan air tanah akan meningkat.

http://www.bppt.go.id/teknologi-sumberdaya-alam-dan-kebencanaan/2484-panen-air-hujan-solusi-jitu-cegah-genangan-air-di-musim-hujan

Sumber : bisnis.com

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait