PELATIHAN PENGELOLAAN DATA DAN INFORMASI PKMKL

Share
By July, 13 2006
PELATIHAN PENGELOLAAN DATA DAN INFORMASI PKMKL

Pada awal Juli tepatnya tanggal 5-8 Juli 2006 Pusat Penanggulangan Krisis Depkes bekerja sama dengan World Health Organization (WHO) mengadakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Data dan Informasi Penanggulangan Krisis dan Masalah Kesehatan Lain di kota Lombok NTB. Pelatihan tersebut melibatkan 49 peserta dari unit utama di Departemen Kesehatan serta Dinkes Provinsi NAD, Sumut dan NTB.

Pelatihan diberikan dalam bentuk presentasi, tanya jawab, diskusi serta praktikum menggunakan komputer. Materi yang diberikan yaitu Sistem Informasi Kesehatan, Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Akibat Bencana, Surveilans Emergensi, Statistik Kesehatan dan Metodologi Penelitian, Sistem Peringatan Dini, Tanggap Darurat, Penilaian Risiko Bencana dan Rencana Kontijensi, SPSS/Windows (Aplikasi Analisis Statistik), Teknologi Internet serta Peranan WHO dalam Penanggulangan Krisis dan Masalah Kesehatan Lain. Materi-materi tersebut dibawakan oleh narasumber yang berasal dari Pusat Data dan Informasi Depkes; Direktorat Surveilans, EPIM dan Kesma, Ditjen PP-PL Depkes; Departemen Biostatistik dan Kependudukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia; Badan Meteorologi dan Geofisika, WHO serta Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta dapat memahami teknik pengumpulan, analisis data serta proses mekanisme dan manajemen informasi. Hal ini sangat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas di lapangan khususnya dalam bidang peningkatan sistem informasi mengenai penanggulangan krisis dan masalah kesehatan lain baik di tingkat pusat maupun daerah.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait