PEMUDA SIAGA PEDULI KESEHATAN

Share
By April, 26 2007

ImageSekitar 85 organisasi kepemudaan dan mahasiswa berkumpul di Hall Basket Senayan Jakarta pada Selasa 24 April 2007. Kehadiran para pemuda ini bukan untuk menonton pertandingan basket tapi pada hari itu di deklarasikan Pemuda Siaga Peduli Kesehatan.

 

Sebelum pencanangan Pemuda Siaga Peduli Kesehatan oleh Menteri Kesehatan, DR. dr. Siti Fadilah Supari, SpJP(K) yang ditandai dengan penyematan pin/bross Pemuda Siaga Peduli Kesehatan, dalam acara ini juga dibacakan teks Sumpah Pemuda dan Deklarasi Pemuda Siaga Peduli Kesehatan.

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan menyatakan bahwa para pemuda yang tergabung dalam Pemuda Siaga Peduli Kesehatan akan dibekali pengetahuan dan keterampilan mengenai berbagai hal tentang kesehatan seperti penanggulangan bencana, demam berdarah, flu burung dan lain-lain. Sehingga penanganan masalah kesehatan akan lebih cepat dan mudah dikoordinasikan melalui organisasi kepemudaan dan mahasiswa.

Isi Deklarasi Pemuda Siaga Peduli Kesehatan sebagai berikut:

DEKLARASI PEMUDA SIAGA PEDULI KESEHATAN

Pemuda sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang mempunyai hak hidup sehat berkewajiban untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat. Menyadari bahwa Indonesia masih dilanda berbagai masalah kesehatan yang perlu segera ditanggulangi.

Pemuda Indonesia sebagai pejuang bangsa dengan potensi pengetahuan dan keterampilan memiliki kewajiban untuk ikut berperan aktif dalam mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan masyarakat dan berperan sebagai pelopor, penggerak, pelaksana pembangunan kesehatan bangsa.

Untuk itu kami:

- Pemuda Siaga Peduli Kesehatan sebagai pelopor pembangunan kesehatan siap memprakarsai dan memberdayakan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatannya.

- Pemuda Siaga Peduli Kesehatan sebagai penggerak pembangunan kesehatan siap menggerakkan sumber daya yang ada dalam membantu penanganan masalah kesehatan.

- Pemuda Siaga Peduli Kesehatan sebagai pelaksana pembangunan siap bersama masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan khususnya menjadi mitra pelaksana di desa siaga.

- Pemuda Siaga Peduli Kesehatan bersama dengan komponen masyarakat lainnya ikut mengkritisi jalannya pembangunan kesehatan.

Dalam rangka merealisasikan kegiatan-kegiatan tersebut dibentuk kelompok Pemuda Siaga Peduli Kesehatan yang anggota-anggotanya adalah organisasi kepemudaan dan mahasiswa yang dikoordinasi dan difasilitasi oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Demikian Deklarasi ini kami nyatakan sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab pemuda dalam membangun kehidupan bangsa Indonesia yang sehat, cerdas dan mandiri.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait