Pencegahan Dini Daerah Rawan Bencana Perlu Di Tingkatkan

Share
By Staff PKK April, 30 2016 Intermezo
Pencegahan Dini Daerah Rawan Bencana Perlu Di Tingkatkan

Anomali cuaca yang saat ini sedang terjadi membawa dampak buruk, salah satunya adalah potensi bencana alam akan terus meningkat. Beberapa wilayah di Indonesia mengalami bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Hujan dengan intensitas yang tinggi menimbulkan banyak bencana terjadi terutama di wilayah yang rawan terjadi bencana banjir dan longsor. Salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana adalah Purworejo, Wilayah ini sempat mengalami bencana tanah longsor cukup tinggi, dampak dari bencna ini adalah kerusakan infrastruktur dan juga menimbulkan korban jiwa. Tentu hal ini perlu antisipasi sejak dini sehingga mampu mengurangi resiko bencana.

Lokasi bencana longsor di Purworejo berada pada kemiringan tebing yang sangat tajam, dengan hutan sebagian besar bukan tanaman keras dan dengan luasan cukup besar. Curah hujan yang tinggi, mendorong terjadinya kikisan tanah dan berujung pada longsor. Oleh sebab itu, perlu ada upaya mitigasi bencana agar bencana ini tidak terulang di wilayah lain. Bencana tanah longsor bukan hanya mengancam di Purworejo namun juga di beberapa daerah lain, mitigasi bencana, penanggulangan bencana dan pengurangan resiko bencana perlu sangat di tingkatkan untuk meminimalisir dampak dari bencana tersebut.

Melihat bencana di Purworejo, Wilayah lain terutama di daerah rawan bencana perlu meningkatkan kembali antisipasi bencana, sebab bencana bisa terjadi kapan saja tanpa bisa di prediksi, upaya yang di tingkatkan adalah dengan mitigasi bencana dan juga tanggap darurat pasca bencana. agar bisa mengantisipasi lebih awal, agar tidak ada lagi korban jiwa. Keselamatan warga khususnya di daerah rawan bencana harus tetap menjadi prioritas pemerintah,

 

 

 

Sumber http://www.pu.go.id/berita/11328/Antisipasi-Dini-di-Daerah-Bencana-Diperlukan

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait