PERKEMBANGAN BANJIR BANDANG DAN TANAH LONGSOR DI KAB. TANAH DATAR PROV. SUMATERA BARAT

Share
By April, 01 2009
PERKEMBANGAN BANJIR BANDANG DAN TANAH LONGSOR DI KAB. TANAH DATAR PROV. SUMATERA BARAT

Berikut ini adalah perkembangan terakhir banjir bandang dan tanah longsor di Kanagarian Pasir Laweh Desa Koto Panjang Kec. Sungai Tarab dan Kanagarian Simabur Kec. Pariangan Kab. Tanah Datar Prov. Sumatera Barat yang terjadi pada tanggal 30 Maret 2009 lalu.

Pada tanggal 30 Maret 2009 pukul 06.30 WIB telah terjadi banjir bandang dan tanah longsor di Kanagarian Pasir Laweh Desa Koto Panjang Kec. Sungai Tarab dan Kanagarian Simabur Kec. Pariangan Kab. Tanah Datar Prov. Sumatera Barat. Akibatnya sebanyak 4 unit rumah dan 1 jembatan rusak di Kec. Sungai Tarab.

Hingga tanggal 1 April pukul 19.00 WIB dilaporkan terdapat korban meninggal 1 orang ( laki-laki, usia 70 tahun), korban yang dirawat inap sebanyak 2 orang di RSU Batusangkar, korban yang dirawat jalan sebanyak 23 orang, dan terjadi pengungsian sebanyak 900 jiwa di 4 titik pengungsian. Lokasi pengungsian di Jorong Sungai Tarab, Jorong Lurah Ampang, Jorong Tanjuang lado dan Jorong Mandailing. Pengungsi ditempatkan di tenda-tenda pengungsian dan di rumah-rumah.

Jajaran kesehatan setempat telah mengevakuasi korban, mendirikan Pos Kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan, mengirimkan bantuan obat-obatan senilai Rp 14 juta dari Sub Regional Sumatera Barat, MP ASI bubuk instan 15 dus, MP ASI biskuit 15 dus, kain spanduk Posko sebanyak 4 buah, dan emergency Kit sebanyak 10 unit, mengirimkan bantuan uang operasional sebesar Rp 100 juta, melakukan penyuluhan mengenai air bersih dan sanitasi lingkungan, dan melakukan pemantauan di lokasi bencana.

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat dan pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, PPK Sub Regional Sumatera Barat dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait