PERKEMBANGAN GEMPA BUMI TEKTONIK DI KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI TANGGAL 7 OKTOBER 2009 PUKUL 17.00 WIB

Share
By October, 07 2009
PERKEMBANGAN GEMPA BUMI TEKTONIK DI KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI TANGGAL 7 OKTOBER 2009 PUKUL 17.00 WIB

Perkembangan gempa bumi tektonik di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi tanggal 7 Oktober 2009 hingga pukul 17.00 WIB.

Berikut ini adalah perkembangan gempa bumi tektonik yang tejadi di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi tanggal 7 Oktober 2009 hingga pukul 17.00 WIB.

Gempa bumi tektonik yang mengguncang Pulau Sumatera pada Hari Kamis pagi (1/10) pukul 08.52 WIB, berkekuatan 7,0 SR dan kedalaman 10 km yang berpusat di 46 Km Tenggara Sungai Penuh Jambi tersebut, dirasakan begitu kuat di 13 desa dalam 3 kecamatan di Kab. Kerinci yaitu Kec. Gunung Raya, Kec. Batang Merangin dan Kec. Keliling Danau. Akibatnya sejumlah 719 unit bangunan, 3 unit sekolah dan 7 tempat ibadah mengalami kerusakan.

Kejadian tersebut menyebabkan korban meninggal dunia sebanyak 3 orang, korban luka-luka sebanyak 70 orang dengan rincian 12 orang luka berat dan 58 orang luka ringan. Korban luka berat saat ini telah dirujuk ke RS Sei Penuh. Pengungsi berjumlah 15.798 orang (bayi 952 orang, balita 4.217 orang, ibu hamil 1.047, ibu menyusui 194 orang, usia lanjut 3.242 orang). Jumlah pasien rawat jalan 2.582 orang (hipertensi 1.066 orang, trauma 768 orang dan lain-lain 748 orang). Jumlah pasien rawat inap 12 orang (fraktur 8 orang, luka bakar 1 orang dan lain-lain 3 orang yang mendapat perawatan di RS. Mayjend. H.A. Thalib Sungai Penuh).

Selain itu sarana kesehatan yang rusak, yaitu

  • Di Kabupaten Kerinci : 3 unit Puskesmas rusak ringan (Puskesmas Sungai Tutung, Lolo dan Semerap), 2 unit Pustu rusak berat (Pustu Batang Merangin dan Pustu Muaro Imat), 2 unit Pustu rusak ringan (Pustu Pondok dan Lili Kecil), 1 unit rumah dokter rusak berat (Puskesmas Lolo), 1 unit rumah dokter rusak ringan (Puskesmas Semurup), 1 unit rumah para medis rusak berat (Puskesmas Lolo) dan beberapa bangsal di RS Mayjen H.A. Thalib rusak berat. Total kerugian sebesar Rp 1.675.000.000,00. *)
  • Di Kabupaten Merangin : 2 unit Pustu rusak berat.
  • Di Kota Sungai Penuh : 2 unit Puskesmas rusak ringan (Puskesmas Sungai Penuh dan Desa Gedang) dan 2 unit Pustu rusak ringan (Pustu Sungai Penuh dan Talang Lindung).

Jajaran kesehatan setempat terus melakukan upaya penanggulangan permasalahan kesehatan yang ada seperti melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah serta mengirimkan Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo yang terdiri dari 2 orang dokter umum dan 4 orang perawat. Telah dilakukan mobilisasi tenaga kesehatan untuk mendukung pelayanan kesehatan yang berasal dari luar Kab. Kerinci, yaitu : Tim Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo, Sarolangun dan Muarabungo; Tim Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dan Tim Kesehatan Korem. Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin mengirimkan bantuan tenaga kesehatan ke lokasi bencana, dengan rincian 4 orang dokter umum, 6 orang perawat, 2 orang bidan, 2 orang sanitarian, 2 tenaga promosi kesehatan dan 4 orang supir.

Departemen Kesehatan telah mengirimkan MP-ASI sebanyak 5 ton ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci dan 1 ton ke Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, serta 2 ton obat ke Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. *)

Adapun bantuan yang diperlukan diantaranya : tenda, selimut, kasur, penjernih air cepat/PAC, Obat-obatan.

Hingga saat ini pemantauan terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kab. Kerinci, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

Keterangan : *) Informasi Terbaru

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait