Perlu Kesadaran Masyarakat Untuk Upaya Penanggulangan Tanah Longsor

Share
By Staff PKK September, 10 2016 Intermezo
Perlu Kesadaran Masyarakat Untuk Upaya Penanggulangan Tanah Longsor

Wilayah Indonesia memiliki tingkat bencana tanah longsor cukup tinggi. hal tersebut karena wilayah Indonesia masih banyak yang berlereng dan juga berbukit sehingga tananh longsor bisa saja terjadi kapan saja terutama saat masuk musim hujan. Masyarakat yang tinggal di daerah berbukit memiliki ancaman tanah longsor cukup tinggi.  dalam bencana ini memiliki resiko yang besar, bukan hanya kerusakan namum juga dapat menimbulkan korban jiwa. Sudah banyak kejadian longsor yang menimbulkan banyak korban jiwa. Oleh sebab itu perlu ada upaya penanggulangan tanah longsor untuk meminimalisir dampak dari bencana ini.

Dalam menghadapi ancaman bencana tanah longsor, peran masyarakat juga sangat membantu dalam mencegah terjadinya longsor. Umumnya longsor terjadi akibat curah hujan yang lebat terutama di daerah berbukit sehingga tanah tidak mampu untuk menahan air dan terjadilah longsor, namun jika kondisi tanah ditanami pohon tentu potensi terjadinya longsor cukup minim. Namun saat ini semakin banyak masyarakat yang menggunduli hutan dan merubah fungsi lahan sehingga ancaman bencana banjir bandang, dan tanah longsor sangat tinggi. maka dari itu perlu ada upaya dan strategi penanggulangan tanah longsor untuk meminimalisir dampak dari bencana ini.

Upaya dan strategi penanggulangan tanah longsor

  • Jangan mendirikan bangunan atau pemukiman di daerah yang berada dibawah lereng sebab sangat rawan terjadinya longsor
  • Mengurangi tingkat keterjangan lereng dengan pengolahan lahan terasering di kawasan lereng
  • Masyarakat harus bisa menjaga drainase disekitar lereng agar bisa menghindarkan air mengalir dari dalam lereng keluar lereng
  • Buat bangunan penahan atau tanggul sehingga tidak terjadi pergerakan tanah yang menyebabkan longsor
  • Penanaman pohon yang mempunyai perakaran yang dalam dan jarak tanam yang tidak terlalu rapat diantaranya di seling-selingi tanaman pendek yang bisa menjaga drainase air.
  • Pindah dari tempat yang memiliki ancaman longsor tinggi. cari tempat aman untuk tinggal jangan dibawah lereng yang curam dan terjal.
  • Warning system atau teknologi peringatan bencana longsor dengan menciptkan alat-alat pendeteksi pergerakan tanah yang berisiko akan longsor di daerah-dareh longsor. Peringatan sebelum longsor bisa dilakukan kepada warga untuk melakukan tindakan mitigasi bencana.

 

Sumber : http://blog.act.id/upaya-penanggulangan-tanah-longsor/

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait