Perubahan Prilaku Binatang Bisa Menjadi Pertanda Terjadinya Gempa bumi

Share
By Staff PKK July, 16 2016 Intermezo
Perubahan Prilaku Binatang Bisa Menjadi Pertanda Terjadinya Gempa bumi

Orang orang masih mempercayai bahwa kejadian gempa bumi bisa di perkirakan dengan periode ulang. Kejadian gempa bumi sering di kaitkan dengan siklus tahunan. Karena menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa, gempa bumi yang terjadi biasanya terjadi berulang di daerah yang pernah terjadi gempa bumi sebelumnya. namun untuk pastinya seperti, kapan dan besaran suatu gempa yang akan terjadi masuh sulit untuk di perkirakan.

Namun saat ini untuk mengetahui terjadinya gempa akan lebih di fokuskan pada mitigasi bencana. Memahami sumber mekanisme dan respon bangunan terhadap Vibrasi Seismik. Hingga saat ini masih banyak orang yang mempercayai bahwa gempa bumi akan terjadi di susul dengan adanya beberapa pertanda. Sehingga di harapkan bisa mengurangi kerusakan dan kerugian akibat gempa bumi yang terjadi.Sebetulnya pertanda gempa bumi bisa di golongkan menjadi dua, yaitu pertanda tektonik dan pertanda fisik. Namun untuk kekuatan gempa itu sendiri masih sulit untuk di perkirakan. Hingga saat ini ilmu geofisika belum mampu memprediksi waktu kejadian gempa dan skala goncangan. Butuh pertanda awal yang dapat digunakan untuk memprediksi gempa,

Gempa Dilihat Dari Perubahan Prilaku Hewan

Penelitian terhadap perubahan prilaku bintang sebelum terjadinya gempa pernah di lakukan di Cina. Penelitian yang di lakukan tersebut memberikan indikasi bahwa perilaku binatang yang tidak biasa dengan cara yang sistematis dapat memimpin dan digunakan sebagai awal terjadinya gempa dan juga memprediksi skala gempa dan potensi kerusakan yang di timbulkan.

Pada sebelumnya, sebelum terjadi gempa bumi di di Hsingtai County, Hopei Provinsi, di Utara Cina pada tahun 1966. Banyak saksi mata yang menjelaskan bahwa sebelum gempa, srigala terlihat berkeliaran, anjing anjing mengonggong dan semua anjing di desa dekat pusat gempa pergi keluar kandang. Selain itu juga, prilaku hewan juga bisa terlihat sebelum gempa bumi di Laut pohai tahun 1969, yang dimana terlihat ada perubahan prilaku dari binatang, terdapat perubahan prilaku dari Camar hiu dan beberapa jenis ikan berbeda, selain itu prilaku hewan lain juga terlihat di Sebuah kebun binatang 2 jam sebelum gempa. Semua bintang mengeluarkan prilaku yang tidak biasa.

Survei ini terus di lakukan guna memastikan apakah perubahan prilaku hewan bisa menjadi pertanda terjadinya gempa bumi. Namun hingga saat ini, sebelum terjadinya gempa bumi, hewan hewan sering berprilaku tidak biasa. banyak perilaku yang terlihat berbeda dari setiap binatang. Hal tersebut di dasari oleh Perubahan Electromechanic yang terjadi sebelum terjadinya gempa bumi yang besar dapat dirasakan oleh hewan tertentu dan disaring, lalu secara naluriah ditafsirkan. Jadi binatang mungkin memiliki sarana dan kepekaan untuk memilah dan membedakan yg menandakan sinyal mengancam datangnya dari sebuah gempa bumi

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait